Re-New Your Life, Refleksi Peringatan Maulid Nabi SAW 1443 H

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:45 WIB
H. Muhammad Nasir. (istimewa) (H. Muhammad Nasir. (istimewa))
H. Muhammad Nasir. (istimewa) (H. Muhammad Nasir. (istimewa))

Oleh: H. Muhammad Nasir. S.Ag.MH, Kakan Kemenag Lingga

Suatu hari malaikat Jibril AS pernah berkata kepada Rasulullah SAW: Wahai Muhammad SAW. Hiduplah semaumu, namun Engkau pasti akan mati, cintailah siapa yang Engkau sukai, namun Engkau pasti akan berpisah denganya, dan beramallah semaumu, namun Engkau pasti akan mendapatkan balasannya. (Dikutip dari kitab Syekh Nawawi Al-Bantani, 2018, Cara menjadi kekasih Allah SWT dan Rasul-Nya).

Hidup adalah proses menuju kematian. Hidup adalah bentangan karunia untuk menguji eksistensi manusia sebagai hamba Allah SWT. Anugerah Allah SWT, yang paling berharga bagi manusia adalah kehidupan. Karena itu perjuangan manusia untuk mempertahankan hidup merupakan agenda suci yang sangat muliya. Sebagai master piece Tuhan, manusia manjadi focus perhatian-Nya karena itu pula dianugerahkan mandat kepada manusia untuk memakmurkan dan memelihara bumi sesuai petunjuk penciptaannya.

Baca Juga: Catat! Berikut Jadwal Perempatfinal Tim Uber Indonesia Hari Ini

Namun yang kita rasakan saat ini, kahidupan sedang terarancam rusak oleh tangan-tangan manusia yang tak bertanggung jawab. Manurut para ahli, umpama saja di Indonesia telah menjadi daerah yang rawan gempa bumi tsunami serta rawan letusan gunung api. Hal ini terjadi di sepanjang Ring of Fire ( cincin api ) baik itu di Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Maluku. Akibat pergerakan lempeng ini membuat wilayah nusantara hampir setiap tahun selalu terkena bencana gempa bumi. Adanya macam-macam bencana alam seperti longsor, gunung meletus, banjir, tsunami adalah akibat tangan-tangan manusia. Hal ini telah diingatkan Allah SWT dalam Qs. Ar-Rum ayat 41 : Yang artinya : Telah tanpak kerusakan di darat dan di laut akibat perbuatan tangan manusia ( QS. Ar-Rum 41 ).

Manusia lahir dibumi bukan tanpa tujuan. Manusia adalah makhluk Allah SWT, yang diberikan beban amanah kehidupan . Lahirnya manusia di bumi membawa misi suci yang harus dilaksanakan sesuai petunjuk Allah SWT dan Rasul-Nya. Sebab itu kelahiran manusia di bumi harus menjadi pemelihara dan pembaharu kehidupan bukan membawa petaka kehidupan. Sehubungan dengan hal itu, Allah SWT mengutus Sang Rasul yang dilahirkan ke bumi untuk toladan bagi manusia.

Baca Juga: Indonesia vs Thailand di Perempatfinal Piala Uber

Beliau telah lahir 14 abat yang lalu ( 12 Rabi’ul awwal tahun gajah ) , yang mana misi kelairannya menjadi Rahmad bagi sekalian alam. Maka sejatinya kelahiran Beliau merupakan pembaharu kehidupan. Artinya dengan lahirnya Sang Rasul Muhammad SAW, semangat kehidupan ini bersinar memancarkan cahaya baru di ufuk barat dan timur. Sebab itu mengenang dan memperingati kelahiran Muhaamad SAW, atau yang kita sebut dengan Maulidurrasul merupakan peristiwa penting bagi umat manusia.

Bagi umat Islam peringatan maulid SAW, merupakan festifal kehidupan yang paling spektakuler. Momentum kelahiran Rasulullah SAW, merupakan tonggak sejarah di mulainya era baru bagi system kehidupan manusia. Ada dua misi kehidupan yang di emban oleh Muhammad SAW, yaitu misi ke-Ilahiyan dan misi kemanusiaan. Dalam misi ke-Ilahiyan terdapat gerakan perombakan dan transformasi spiritual umat menuju pola kepercayaan ideal yaitu tauhid. Misi ini kita sebut sebagai misi teologis. Sementara misi kemanusiaan adalah misi sosiologis yang memperjuangkan keadilan dan kemakmuran bagi manusia.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Kemuliaan Seorang Guru

Kamis, 25 November 2021 | 11:02 WIB

Bolehkah Berwudhu di Kamar Mandi?

Jumat, 12 November 2021 | 16:27 WIB

Apa Amalan yang Paling Dicintai Allah SWT?

Rabu, 10 November 2021 | 14:24 WIB

Jangan Tunda Waktu untuk Membayar Utang

Selasa, 9 November 2021 | 11:55 WIB

Hukum Islam Dalam Fiqih Peradaban Modern

Sabtu, 6 November 2021 | 09:41 WIB

Dzikir Pagi dan Petang, Ini Keutamaannya

Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:05 WIB

Orang-orang Ini Doanya Mudah Dikabulkan Allah SWT

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:22 WIB

Keajaiban Shodaqoh

Senin, 11 Oktober 2021 | 11:31 WIB

Refleksi Sufistik Canda Rasulullah SAW

Selasa, 5 Oktober 2021 | 14:18 WIB

Doa Agar tak Mengulangi Kemaksiatan

Minggu, 3 Oktober 2021 | 07:46 WIB

Ajari Diri Berbuat Sabar

Senin, 27 September 2021 | 08:15 WIB
X