10 Bacaan Sholawat Nabi Yang Kerap Di Lantunkan Saat Memperingati Maulid Nabi

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:11 WIB
Ilustrasi Sholawat Nbai Muhammad SAW 1443
Ilustrasi Sholawat Nbai Muhammad SAW 1443

Kepri.harianhaluan - Bagi umat Islam tentunya Sholawat Nabi Muhammad SAW sudah sangat melekat terlebih dalam kehidupan, dimana saat menjalani keseharian biasanya setidaknya diamalkan setiap melakkan sholat wajib lebih tepatnya pada saat kita sedang duduk tasyahud.

Khususnya pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW yang merupakan hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang selalu jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal.
Sebenarnya tidak ada anjuran khusus untuk membaca doa tertentu. Namun, sebagai kecintaannya kepada sang Rasulullah umat muslim kerap membacakan doa sholawat pada saat momen tersebut guna mengisinya hal-hal yang positif.

Sholawat Nabi yang umum dikenal secara luas ialah "Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad", yang artinya "Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad". Namun, masih banyak lagi Sholawat yang kerap dilantunkan saat Maulid tiba. Berikut 10 Solawat Nabi Muhammad SAW tersebut :

Baca Juga: 15 Ucapan Peringatan Maulid Nabi 2021, 12 Rabiul Awal 1443 H Untuk Keluarga Dan Kerabat

1. Sholawat Fatih

Berikut ini Lafal dan huruf latin dari Sholawat Fatih:
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ
وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.

Artinya:
"Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung."


2. Sholawat Quthbul Aqthab

Halaman:

Editor: Kiki Marsenda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulama Turki Ungkap Bahaya Memendam Permusuhan

Minggu, 8 Mei 2022 | 09:18 WIB

Puasa Syawal Haruskah 6 Hari Berturut-turut?

Selasa, 3 Mei 2022 | 08:20 WIB

Idul Fitri Simbol Hari Kemenangan

Senin, 2 Mei 2022 | 11:01 WIB

Air Mata Fitri di Akhir Ramadhan

Minggu, 1 Mei 2022 | 11:40 WIB

Silaturahmi Lebaran Miliki Manfaat Luar Biasa

Kamis, 28 April 2022 | 10:39 WIB

Memaknai Zakat Fitrah

Selasa, 26 April 2022 | 14:15 WIB

Saat Kiamat Datang, Sangkakala pun Ditiup

Senin, 25 April 2022 | 09:00 WIB
X