Refleksi Doa dalam Cinta di Tengah Badai Corona

- Kamis, 29 Juli 2021 | 14:24 WIB
H. Muhammad Nasir. (istimewa) (H. Muhammad Nasir. (istimewa))
H. Muhammad Nasir. (istimewa) (H. Muhammad Nasir. (istimewa))

  • Oleh: H. Muhammad Nasir. S.Ag.MH, Kakan Kemenag Lingga


Siapa yang tak gelisah ketika seluruh pelosok dunia dilanda badai pandemi yang hingga kini belum kunjung berakhir. Seluruh negara sudah berusaha maksimal menghadapi hantanam demi hantaman varian virus yang menerjang kesehatan dunia yang semakin parah. Rumah sakit sudah kehabisan tempat untuk rawat inap alias isolasi. Doa dan zikir pun sudah dipanjatkan mengharapkan pertolongan Allah SWT agar pintu langit terbuka menurunkan curahan kasih sayang Yang Maha Kuasa. Menghadapi semua itu tidak perlu takut dan gelisah karena masih ada cinta dan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya.

Cinta adalah untaian perasaan batin yang tak bertepi. Seluruh keindahan ada di dalamnya. Cinta adalah energi batin yang melebur rasa takut, marah, dendam, malu, benci dan banyak sifat buruk lainnya yang ada pada diri manusia menjadi kasih sayang.

Manusia senantiasa membutuhkan cinta agar hidup manusia terasa bahagia. Dengan cinta yang kuat menjadi lemah, yang berat menjadi ringan dan yang susah menjadi mudah. Cinta berada dalam relung batin yang setiap saat dapat muncul melalui kata-kata dan perasaan. Namun ada cinta yang tak dapat terungkap dengan perkataan tetapi ada dalam perbuatan yaitu doa dan tindakan.

Begitu kita langitkan doa, murka Allah SWT dapat melebur murkanya menjadi kasih sayang-dan cinta-Nya, sehingga apa yang diminta akan dikabulkan, “Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ( As.Ali Imran 31). Dan dalam ayat lain Allah berfirman. “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." ( Qs. Al-Mukmin 60 ).

Menjemput cinta dan kasih sayang Allah SWT melalui doa pada prinsipnya adalah upaya mendekatkan diri dengan segala kesadaran akan kelemahan dan kesombongan yang dimiliki. Melalui do’a kita menjemput cinta dan kasih sayang Allah SWT. Dengan memantapkan keyakinan akan turunnya pertolongan Allah swt, melalui cinta dan kasih sayang-Nya.

Bencana dan musibah yang sedang bergulir dihadapan kita saat ini, pada hakikatnya merupakan teguran yang indah, jika disikapi dengan mata ruhani, disentuh dengan pendekatan muhasabah, dikelola dengan kedewasaan bertindak, diterjemahkan dengan rahman-rahim Allah SWT sebelum bangsa ini benar-benar terpuruk jauh dalam lembah kepahitan dan kenistaan. Adalah wajar bila kita diingatkan oleh Sang pencipta dan penguasa yang menggenggam apa yang di langit dan bumi, serta seluruh isinya supaya kita cepat kembali menyadari seluruh kealpaan, kemaksiatan, kezaliman dan kesombogan diri selama ini.

Oleh sebab itu, ketika menjelaskan tentang hukum moral sosial dan kezaliman, Dr. Puriyadi, dalam bukunya Nilai-Nilai Etika dalam Kalilah Wa Dimmah, mengatakan bahwa semua kejadian atau musibah yang terjadi di alami adalah karena suatu kelalaian, kebodohan, kecerobohan, dan kelemahan makhluk di bumi. (Dr. Puriyadi: 2012).

Ketika makhluk bumi dan seluruh jagat raya tertunduk dan tak berdaya menghadapi musibah dan bencana covid-19, hati nurani manusia mengakui bahwa tidak ada jalan lain kecuali mengembalikan dengan pasrah kepada Yang Maha Kuasa. Disaat seperti ini biasanya manusia baru merasakan pentingnya doa kepada Allah SWT.

Jika selama ini doa hanya direfleksikan sebagai ibadah biasa yang dilakukan setelah sholat dan dalam forum atau acara tertentu, dalam kondisi musibah seperti saat ini, doa direfleksikan sebagai munajad akbar untuk mengetuk pintu langit keberkahan dan ampunan Sang Pencipta. Inilah yang sedang kita alami saat ini.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Kemuliaan Seorang Guru

Kamis, 25 November 2021 | 11:02 WIB

Bolehkah Berwudhu di Kamar Mandi?

Jumat, 12 November 2021 | 16:27 WIB

Apa Amalan yang Paling Dicintai Allah SWT?

Rabu, 10 November 2021 | 14:24 WIB

Jangan Tunda Waktu untuk Membayar Utang

Selasa, 9 November 2021 | 11:55 WIB

Hukum Islam Dalam Fiqih Peradaban Modern

Sabtu, 6 November 2021 | 09:41 WIB

Dzikir Pagi dan Petang, Ini Keutamaannya

Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:05 WIB

Orang-orang Ini Doanya Mudah Dikabulkan Allah SWT

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:22 WIB

Keajaiban Shodaqoh

Senin, 11 Oktober 2021 | 11:31 WIB

Refleksi Sufistik Canda Rasulullah SAW

Selasa, 5 Oktober 2021 | 14:18 WIB

Doa Agar tak Mengulangi Kemaksiatan

Minggu, 3 Oktober 2021 | 07:46 WIB

Ajari Diri Berbuat Sabar

Senin, 27 September 2021 | 08:15 WIB
X