Pentingkah Pendidikan Pranikah?

- Jumat, 25 November 2022 | 09:50 WIB
Ishak, S.H., Penyuluh Agama Islam Kabupaten Natuna. (istimewa)
Ishak, S.H., Penyuluh Agama Islam Kabupaten Natuna. (istimewa)

Oleh: Ishak, S.H., Penyuluh Agama Islam Kabupaten Natuna

Menikah adalah salah satu impian banyak orang. Menikah adalah salah satu cara dalam mencapai keinginan untuk hidup bahagia bersama. Dengan menikah, maka banyak manfaat yang akan diperoleh, diantaranya meningkatkan keimanan, memiliki keturunan, memperoleh dukungan sosial, dan mendapatkan ketenteraman, serta kesejahteraan.

Undang-undang No.1 Tahun 1974 menyebutkan bahwa, pernikahan ialah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan Yang Maha Esa.

Menikah berarti menyatukan sepasang manusia yang berbeda, Ibnu Halim (2010) mengatakan pernikahan ialah ikatan diantara dua insan yang mempunyai banyak perbedaan baik dari segi fisik, asuhan keluarga, pergaulan, cara berfikir, pendidikan dan lainnya.

Oleh karena itu, untuk mencapai sebuah kebahagiaan bukan semudah yang dibayangkan, ada banyak tantangan serta perbedaan yang akan dilewati dan tidak menutup kemungkinan untuk melewati semua perbedaan itu maka persiapan pranikah haruslah matang.

Ibarat seseorang ingin menjadi nahkoda kapal yang akan berlayar mengarungi lautan luas, ada banyak resiko bagi sang nahkoda saat berlayar seperti badai yang kapanpun siap menerjang serta karang dan gelombang menjadi penghalang. Jika sang nakhoda tidak mengetahui ilmu dan caranya maka kapal akan tenggelam. Tentu ada pendidikan khusus bagi sang nakhoda sebelum kapal berlayar.

Pendidikan pranikah sangat penting dan wajib diikuti calon pengantin demi sebuah tujuan kebahagiaan dan ketentraman hidup berumah tangga. Banyak yang harus diketahui sebelum berumah tangga diantaranya kewajiban menjalankan perintah agama, hukum pernikahan, mengelola konflik, komunikasi dalam rumah tangga, hak dan tanggung jawab sebagai suami istri, mengelola keuangan, pendidikan anak serta masih banyak lagi yang harus dipersiapkan agar bahtera rumah tangga tidak tenggelam diterjang ombak perceraian.

Di Indonesia pendidikan pranikah sudah ada dan disediakan oleh Kementerian Agama melalui Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di setiap kecamatan, tetapi pendidikan pranikah dengan waktu dan proses yang begitu singkat membuat hasil dari pendidikan pranikah itu sendiri masih belum maksimal sehingga tuntutan persiapan yang begitu banyak tidak semuanya tersampaikan secara mendalam.

Perlu adanya kesadaran bagi yang ingin menikah untuk mempersiapkan ilmu pernikahan agar mencapai tujuan rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pola Distribusi Rezeki

Minggu, 29 Januari 2023 | 10:28 WIB

Berkata Baik atau Diam

Jumat, 27 Januari 2023 | 08:27 WIB

Nasib Malang Tukang Fitnah

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:45 WIB

Rezeki dari Allah Tidak Hanya Gaji

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:51 WIB

Bagaimana Adab Membaca AlQur'an dari Ponsel?

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:42 WIB

Selalu Bertobat

Minggu, 15 Januari 2023 | 14:53 WIB

Semua Ada Waktunya

Jumat, 13 Januari 2023 | 14:30 WIB

Apa Hukumnya Bekerja di Tempat Maksiat?

Rabu, 11 Januari 2023 | 11:00 WIB

Hanya Allah SWT Tempat Segala Keluh Kesah

Kamis, 5 Januari 2023 | 10:59 WIB

Laki-laki dan Perempuan dalam Kekuasaan Khitbah

Minggu, 1 Januari 2023 | 17:40 WIB

Ahli Ilmu yang Beriman

Minggu, 25 Desember 2022 | 08:09 WIB

Malu

Jumat, 23 Desember 2022 | 13:21 WIB

Komunikasi Sufistik

Kamis, 22 Desember 2022 | 13:58 WIB
X