Soal Dugaan Korupsi di Garuda Indonesia, Berikut Rekam Jejak Emirsyah Satar

- Rabu, 12 Januari 2022 | 11:19 WIB
 (Emirsyah Satar. (pikiran-rakyat.com))
(Emirsyah Satar. (pikiran-rakyat.com))

Dugaan korupsi di PT Garuda Indonesia membawa nama Emirsyah Satar. Dugaan korupsi kali ini adalah pengadaan pesawat ATR 72-600 yang dilakukan oleh maskapai BUMN tersebut.

Jaksa Agung, ST Burhanuddin menyatakan, pengadaan pesawat ATR 72-600 itu dilakukan di era Direktur Utama Garuda Indonesia yang memiliki inisial ES. Meski tidak menyebut secara jelas, tapi dia memberikan kisi-kisi oknum tersebut tengah dipenjara.

Kemudian diperkuat oleh pernyataan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Febrie Adriansyah yang secara gamblang menyebut nama itu adalah Emirsyah Satar.

Baca Juga: Dugaan Korupsi di Garuda Indonesia Dibongkar

Diketahui, Emirsyah saat ini tengah mendekam dipenjara akibat terbukti menerima suap. Pada 2020 lalu, PN Jakpus telah menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara kepada Emirsyah karena bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang pembelian pesawat hingga pemeliharaan pesawat Garuda.

Dia terbukti menerima suap sebesar Rp 46 miliar hingga akhirnya divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan.

Baca Juga: Siapa Sosok Pelaku Dugaan Korupsi di Garuda Indonesia?

Selain suap, Emirsyah juga bersalah melakukan tindak pidana pencucian uang. Pencucian uang yang dilakukan Emirsyah bersama Soetikno Soedarjo dari suap pengadaan pesawat tersebut.

Kasus itu diungkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 2017. Setelah 2 tahu diterbitkannya sprindik pada 16 Januari 2017 barulah di akhir 2019 kasus Emirsyah tuntas penyidikannya.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Dua Pelaku Curanmor di Sei Beduk Batam Diringkus

Minggu, 10 April 2022 | 15:19 WIB

Herry Wirawan Akhirnya Divonis Hukuman Mati!

Senin, 4 April 2022 | 15:05 WIB
X