Ahli Hukum Perdata Sampaikan Masalah Pasar Melayu Batam Tak Ada Kategori Pidana

- Kamis, 13 Januari 2022 | 13:39 WIB
Sidang sengketa pasar Melayu Kecamatan Batu Aji Kota Batam, Rabu 12 Januari 2022 di PN Batam. (damri/haluankepri.com)
Sidang sengketa pasar Melayu Kecamatan Batu Aji Kota Batam, Rabu 12 Januari 2022 di PN Batam. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) - Saksi ahli hukum perdata dari Fakultas Hukum UNRI, Dr. Firdaus, SH, MH menyampaikan bahwa sengketa lahan pasar Melayu di Kecamatan Batu Aji Batam yang terdakwanya adalah Direktur PT. Tiara Mantang, Ahmad Mipon tak ada kategorinya masuk dalam pidana.

"Terkait masalah pasar Melayu ini hanya masuk kepada hubungan Keperdataan, sebab ini kan hanya terkait perjanjian," ucap Firdaus setelah melakukan sidang di Pengadilan Negeri (PN) Batam sebagai saksi ahli hukum perdata terkait masalah pasar Melayu tersebut, Rabu 12 Januari 2022.

Baca Juga: Bupati Penajam Paser Utara ditangkap di Jakarta

Disampaikan Firdaus, dalam Keperdataan itu apabila sebuah perjanjian itu tidak dipenuhi maka dia wanprestasi. Jika terjadi wanprestasi maka pihak yang dirugikan akibat dari wanprestasi itu berhak mengajukan gugatan Perdata.

Kalau terkait perjanjian untuk sah dan tidak sahnya, ukuran dari perjanjian itu ada dua, yaitu subjektif dan objektif. Yang objektif itu terkait objek, yakni harus ada objeknya, bisa barang dan bisa jasa.

Objek yang diperjanjikan itu tidak boleh bertentangan dengan undang-undang dan kesusilaan. Jika syarat objektif itu tidak terpenuhi maka batal demi hukum dan dianggap perjanjian itu tidak ada.

Baca Juga: Saksi dan Ahli Hukum Sebut Sengketa Lahan Pasar Melayu Batam Bukan Ranah Pidana

"Syarat kedua adalah subjektif, yakni menyangkut para pihak atau orang yang melakukan perjanjian. Tidak mungkin orang itu melakukan perjanjian kalau dia tidak sepakat. Tidak sepakat itu bisa dipaksa dan bisa ditipu," ujarnya.

Dijelaskannya, jika perjanjian itu terpenuhi subjektif dan objektif maka perjanjian itu sah dan menimbulkan akibat hukum, yaitu hak dan kewajiban bagi para pihak.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Waspada Begal Rekening!

Senin, 20 Juni 2022 | 12:55 WIB

Miris! Sejoli Ini Lakukan Aborsi Berulang Kali

Senin, 13 Juni 2022 | 12:17 WIB

MV Dumai Line 5 Terbakar, 1 ABK Tewas

Kamis, 9 Juni 2022 | 09:41 WIB
X