Perekrut hingga Penampung PMI Ilegal Dibekuk di Batam, Tangerang, dan Purbalingga

- Jumat, 14 Januari 2022 | 19:19 WIB
Tiga pelaku perekrut dan penampung PMI ilegal tujuan Malaysia yang dibekuk oleh Sat Reskrim Polresta Barelang. (damri/haluankepri.com)
Tiga pelaku perekrut dan penampung PMI ilegal tujuan Malaysia yang dibekuk oleh Sat Reskrim Polresta Barelang. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) - Tiga pelaku perekrut hingga penampung Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal tujuan Malaysia dibekuk oleh Sat Reskrim Polresta Barelang.

Ketiga pelaku ialah laki-laki berinisial S (47), laki-laki berinisial HW (52) dan perempuan berinisial M (44), mereka ditangkap di tiga lokasi yang berbeda.

Pelaku berinsial S (47) ditangkap di Bengkong Indah Bawah, Kecamatan Bengkong Kota Batam. Pelaku HW (52) ditangkap di Batu Ceper, Tangerang Kota dan pelaku M (44) ditangkap di Purbalingga Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho dan didampingi oleh Kasat Reskrim Kompol Reza Morandi Tarigan saat konferensi pers di Lobby Mapolresta Barelang, Jumat, 14 Januari 2022.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Siapkan Wisata Berbasis Tradisi Minangkabau

Dikatakan Nugroho, penangkapan para pelaku tersebut berawal informasi dari masyarakat pada, Sabtu 8 Januari 2022, bahwa ada penampungan 11 orang calon PMI ilegal di rumah pelaku berinisial S yang beralamat di Bengkong Indah Bawah, Kecamatan Bengkong Kota Batam.

11 calon PMI yang ditampung tersebut akan dikirim ke Malaysia untuk di pekerjakan sebagai asisten rumah tangga, sementara dia tidak ada memiliki izin untuk menampung calon PMI itu.

Setelah menerima laporan tersebut, Unit VI Satreskrim Polresta Barelang dan Jatanras Polda Kepri melakukan penyelidikan dan didapatkan bukti-bukti, kemudian pelaku S langsung diamankan.

Keterangan dari korban calon PMI dan pelaku S bahwa yang merekrut, berkomunikasi dengan agen Malaysia dan memfasilitasi calon PMI berangkat dari Jakarta ke Batam adalah pelaku HW.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Velline Chu 'Ratu Begal' Jalani Rehabilitasi di BNN

Minggu, 16 Januari 2022 | 08:45 WIB

Bupati Penajam Paser Utara ditangkap di Jakarta

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:32 WIB

Jaringan Pengirim PMI Ilegal Diringkus di Bengkulu

Rabu, 12 Januari 2022 | 11:37 WIB

Dugaan Korupsi di Garuda Indonesia Dibongkar

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:02 WIB
X