Pengiriman 22 PMI Ilegal Tujuan Malaysia Digagalkan, 2 Pelaku Diringkus

- Kamis, 20 Januari 2022 | 19:11 WIB
Konferensi pers kasus penyelundupan PMI ilegal tujuan Malaysia di Mako Ditpolairud Polda Kepri, Kamis, 20 Januari 2022. (damri/haluankepri.com)
Konferensi pers kasus penyelundupan PMI ilegal tujuan Malaysia di Mako Ditpolairud Polda Kepri, Kamis, 20 Januari 2022. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) - Pengiriman 22 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal tujuan Malaysia digagalkan oleh Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepri. Sebanyak dua pelaku diringkus pada, Minggu 16 Januari 2022.

Dua orang tersangka yang ditangkap itu berinisial I dan R, mereka merupakan jaringan dalam pengiriman PMI ke Malaysia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasubditgakkum Ditpolairud Polda Kepri AKBP Nanang Indra Bakti, didampingi kepala UPT BP2MI Kepri Mangiring Sinaga dan PS. Paur I Subbid Penmas Bid Humas Polda Kepri Ipda Zia Ul Hak saat konferensi pers di Mako Ditpolairud Polda Kepri, Kamis, 20 Januari 2022.

Baca Juga: Siswa SMK Hilang di Laut Galangan Kapal PT Delta Shipyard Sagulung

Dikatakan Nanang, pengagalan upaya penyelundupan PMI ke Malaysia secara ilegal itu berawal dari informasi bahwa terdapat 11 orang perempuan PMI yang akan diberangkatkan tanpa dilengkapi dokumen resmi berada di sebuah rumah kosong di Pulau Juda Kecamatan Moro Kabupaten Karimun.

Berdasarkan informasi itu tim melakukan pemeriksaan terhadap sebuah rumah milik tersangka inisial I di Pulau Pasai, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun yang digunakan sebagai tempat penampungan PMI itu.

Di rumah tersebut tim tidak menemukan PMI, dikarenakan telah melarikan diri sebelum Tim datang. Namun, dari rumah tersebut Tim menemukan 1 unit speedboat tanpa nama bermesin tempel merk Yamaha 2 x 200 PK.

Baca Juga: Hakim PN Surabaya yang Ditangkap KPK Pernah Bebaskan Koruptor

"Speedboat itu ditemukan berada juga tidak jauh dari rumah tersangka inisial R yang diduga digunakan untuk mengangkut PMI ke Negara Malaysia," ujarnya.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Pelaku Curanmor di Sei Beduk Batam Diringkus

Minggu, 10 April 2022 | 15:19 WIB

Herry Wirawan Akhirnya Divonis Hukuman Mati!

Senin, 4 April 2022 | 15:05 WIB
X