Pemilik Kapal Pembawa PMI Ilegal yang Tenggelam di Malaysia Diringkus

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:35 WIB
 Pelaku pengirim PMI ilegal yang diringkus oleh Sat Reskrim Polresta Barelang. (damri/haluankepri.com)
Pelaku pengirim PMI ilegal yang diringkus oleh Sat Reskrim Polresta Barelang. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) – Sat Reskrim Polresta Barelang meringkus pemilik kapal pembawa Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tenggelam di perairan Johor Malaysia pada, Senin, 17 Januari 2022 lalu.

Pengungkapan kasus itu berawal dari informasi melalui staf KBRI Johor menyampaikan bahwa telah terjadi kapal Tenggelam yang diduga berasal dari pulau terong Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam yang mengakibatkan 6 orang meninggal dunia.

Pelaku berinisial Y (48) selaku pemilik kapal Boat yang dinahkodai oleh RD dan M serta 5 orang PMI yang selamat telah diamankan di Malaysia.

Baca Juga: Forhati Batam Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Pulau Buluh

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto mengatakan, setelah melakukan proses penyelidikan, Polsek Belakang Padang berhasil mengamankan 1 orang pelaku Z (37) yang bertugas mengecek dan mengisi minyak kapal boat sebelum berangkat ke Malaysia.

Berdasarkan keterangan dari pelaku Z, pelaku Y selaku pemilik boat yang tenggelam melarikan diri, Unit VI dan Opsnal Sat Reskrim Polresta Barelang melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku Y pada Selasa 25 Januari 2022 di Perumahan Baloi Kecamatan Lubuk Baja, Batam.

"Pada Rabu 19 Januari 2022, tim mengamankan pelaku SL (45) di pelabuhan tikus Pandan Bahari Kecamatan Sagulung dan menerima kelima calon PMI dan pelaku sebagai tekong boat tersebut dari LANAL Batam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di polresta Barelang," ucap Nugroho, Jumat 28 Januari 2022.

Baca Juga: Bangkitnya Ekonomi Bintan dan Kedaulatan Indonesia

Dijelaskan Nugroho, pada, Minggu 23 Januari 2022, tim mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada penampungan Calon PMI diperumahan Avante Oceanic Bliss, Bengkong, Batam.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada Begal Rekening!

Senin, 20 Juni 2022 | 12:55 WIB

Miris! Sejoli Ini Lakukan Aborsi Berulang Kali

Senin, 13 Juni 2022 | 12:17 WIB

MV Dumai Line 5 Terbakar, 1 ABK Tewas

Kamis, 9 Juni 2022 | 09:41 WIB
X