Hari Ini, Azis Syamsuddin Hadapi Sidang Putusan Suap Pengurusan Perkara

- Senin, 14 Februari 2022 | 07:26 WIB
Aziz Syamsuddin. (internet)
Aziz Syamsuddin. (internet)

Mantan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, akan menghadapi sidang putusan suap pengurusan perkara yang akan digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada, hari ini, Senin (14/2/2022).

Azis bakal divonis terkait kasus dugaan suap pengurusan perkara yang sedang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menilik website resmi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Pusat, agenda pembacaan amar putusan untuk Azis Syamsuddin bakal digelar pukul 10.00 WIB. Majelis hakim Tipikor PN Jakarta Pusat bakal memvonis Azis di ruang sidang Prof Dr H Muhammad Hatta Ali.

Baca Juga: Wakil Bupati Dharmasraya Wafat, Berikut Profilnya

Diketahui sebelumnya, Azis Syamsuddin dituntut empat tahun dan dua bulan penjara serta denda sebesar Rp250 juta subsider enam bulan kurungan oleh tim jaksa penuntut pada KPK. Azis juga dituntut untuk dicabut hak untuk dipilih jabatan publik/politis selama lima tahun setelah menjalani pidana pokok.

Jaksa meyakini Azis terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Azis diyakini telah menyuap mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju terkait pengurusan sejumlah perkara yang sedang ditangani oleh lembaga antirasuah.

Dalam melayangkan tuntutannya, jaksa mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Hal yang memberatkan jaksa dalam menuntut Azis yakni, karena terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Baca Juga: Kandungan Andesit di Desa Wadas Diprediksi Volumenya 40 Juta Meter Kubik

Kemudian, perbuatan terdakwa Azis Syamsuddin juga dinilai telah merusak citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI).
Terdakwa Azis juga dianggap tidak mengakui kesalahannya dan berbelit-belit selama persidangan. Sedangkan hal yang meringankan, Azis belum pernah dihukum sebelumnya.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada Begal Rekening!

Senin, 20 Juni 2022 | 12:55 WIB

Miris! Sejoli Ini Lakukan Aborsi Berulang Kali

Senin, 13 Juni 2022 | 12:17 WIB

MV Dumai Line 5 Terbakar, 1 ABK Tewas

Kamis, 9 Juni 2022 | 09:41 WIB
X