Perekrut PMI Ilegal di Batam Diringkus Polsek Nongsa

- Kamis, 3 Maret 2022 | 07:30 WIB
Polsek Nongsa melakukan konferensi pers ungkap kasus penangkapan perekrut PMI ilegal, Rabu 2 Maret 2022. (damri/haluankepri.com)
Polsek Nongsa melakukan konferensi pers ungkap kasus penangkapan perekrut PMI ilegal, Rabu 2 Maret 2022. (damri/haluankepri.com)

Batam (HK) - Polsek Nongsa meringkus seorang pria berinisial S (48) perekrut Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal. Pelaku ditangkap di Kampung Lembang Jaya Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Penangkapan pelaku tersebut berawal pada, Sabtu, 26 Februari 2022, polisi mendapatkan informasi bahwa adanya sebuah rumah yang menampung calon PMI yang hendak dikirim ke Malaysia di Kampung Lembang Jaya Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa.

Kapolsek Nongsa, Kompol Yudi Arvian mengatakan, atas informasi tersebut unit opsnal Reskrim Polsek Nongsa melakukan penyelidikan dan mendatangi lokasi, ditemukan 4 orang calon PMI bersama pelaku.

Baca Juga: Dimas Dinanda Penuhi Panggilan PSSI untuk Persiapan Timnas U-16

"Kemudian tim opsnal mengamankan pelaku dan dan barang bukti dibawa ke Polsek Nongsa guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ucap Yudi yang didampingi oleh Kanit Reskrim Polsek Nongsa Iptu Sofiyan Rida saat konferensi pers, Rabu 2 Maret 2022 di di Mapolsek Nongsa.

Dikatakan Yudi, barang bukti yang diamankan adalah 2 unit handpone milik pelaku, 1 buah tas ransel milik pelaku, 1 buah kartu ATM Bank BRI milik pelaku, 1 buah kartu nama perusahaan PT Ficotama Bina Trampil.

"Kemudian 1 buah tas selempang milik pelaku, 5 buah bukti tiket pesawat dari lombok menuju ke Batam, uang tunai yang disita dari pelaku sebesar Rp 20 juta sisa uang ongkos yang diminta dari para korban," ujarnya.

Baca Juga: Dua Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana FPK Anambas Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

Dijelaskannya, modus yang dilakukan adalah dengan cara menawarkan kepada korban bahwa dia bisa memberangkatkan orang bagi yang ingin bekerja di Malaysia melalui jalur illegal.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada Begal Rekening!

Senin, 20 Juni 2022 | 12:55 WIB

Miris! Sejoli Ini Lakukan Aborsi Berulang Kali

Senin, 13 Juni 2022 | 12:17 WIB

MV Dumai Line 5 Terbakar, 1 ABK Tewas

Kamis, 9 Juni 2022 | 09:41 WIB
X