WNA Pelaku Skimming ATM Bank Riau Diringkus, 1 Tersangka Diburu

- Selasa, 24 Mei 2022 | 18:28 WIB
Konferensi pers ungkap kasus Skimming Bank Riau Kepri di Mapolda Kepri, Selasa (24/5/2022). (istimewa)
Konferensi pers ungkap kasus Skimming Bank Riau Kepri di Mapolda Kepri, Selasa (24/5/2022). (istimewa)

Batam (HK) – Tim penyidik Dit Reskrimsus Polda Kepri meringkus tiga orang pelaku skimming ATM Bank Riau Kepri. Pelaku utamanya adalah Warga Negara Asing (WNA) Bulgaria, berinisial VTG.

Kemudian pelakunya adalah berinisial JP yang turut serta membantu dan Inisial CCM yang merupakan kekasih dari pelaku VTG.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt didampingi Dir Reskrimsus Polda Kepri Kombes Pol Teguh Widodo, Kasubdit V Siber Kompol Yunita Stevany saat konferensi pers di Lobby Utama Polda Kepri, Selasa (24/5/2022).

Dikatakan Harry, kasus tersbut terungkap berawal pada Rabu (11/5/2022), pihak dari Bank Riau Kepri membuat laporan ke Polda Kepri bahwa telah terjadi sebuah tindak Pidana Skimming atau tindak pidana pencurian data elektronik dengan tujuan untuk memperoleh informasi dan data elektronik.

Laporan itu dibuat setelah adanya keluhan dari pihak nasabah Bank Riau Kepri bahwa saldo di rekeningnya tiba-tiba berkurang atau hilang, padahal nasabah tersebut tidak ada melakukan transaksi.

Pihak Bank Riau Kepri melakukan investigasi internal dan diketahui bahwa ada beberapa ATM milik Bank Riau Kepri yang dipasang alat Skimming, ATM tersebut berada di TKP salah satu Swalayan di Batam.

"Dari hasil Investigasi tersebut pihak dari Bank Riau Kepri membuat laporan dan berkoordinasi dengan penyidik," ujar Harry.

Kemudian kata Harry, tim penyidik Dit Reskrimsus Polda Kepri melakukan penyelidikan secara marathon dan diketahui bahwa tindak pidana tersebut dilakukan oleh tiga orang tersangka.

Tindak Pidana yang dilakukan oleh para tersangka ini cukup profesional, dimana tersangka meletakkan alat perangkat pembaca kartu di ATM milik Bank Riau Kepri, kemudian juga memasang dan mengambil deep insert skimming serta alat pembaca magnetik kartu ATM.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada Begal Rekening!

Senin, 20 Juni 2022 | 12:55 WIB

Miris! Sejoli Ini Lakukan Aborsi Berulang Kali

Senin, 13 Juni 2022 | 12:17 WIB

MV Dumai Line 5 Terbakar, 1 ABK Tewas

Kamis, 9 Juni 2022 | 09:41 WIB

PT PCI Elektronik di Panbil Batam Kebakaran

Rabu, 8 Juni 2022 | 07:00 WIB
X