Foodcourt Pacific, Salah Satu yang Dibubarkan Polisi karena Langgar Prokes

- Minggu, 9 Mei 2021 | 22:39 WIB
IMG-20210509-WA0039
IMG-20210509-WA0039

BATAM (HK) – Patroli gabungan membubarkan aktivitas masyarakat di Foodcourt Pacific, Jodoh, Batu Ampar, Kota Batam, Minggu (9/5/2021). Foodcourt di kawasan tempat hiburan malam ini kembali melanggar protokol kesehatan dan melewati batas jam buka.

Penertiban yang dilakukan pada pukul 22.00 WIB tersebut dipimpin oleh Kabag Ops Polresta Barelang Kompol Sandityo Mahardika berserta Kapolsek Batu Ampar AKP Salahuddin dan jajaran. Tindakan tegas itu dilakukan tim karena masih mendapati pelanggaran protokol kesehatan yang kembali dilakukan oleh Foodcourt Pacific.

Penertiban tersebut dalam rangka kegiatan cipta kondisi yang dilakukan patroli gabungan. Dalam pelaksanaannya, tim dibagi menjadi empat kelompok.

Kelompok pertama melakukan patroli di wilayah hukum Polsek Lubukbaja. Yakni Foodcourt A2, Nagoya Foodcourt, Pub Morena, wilayah Polsek Batu Ampar, Pujasera Pacific, Kawasan THM Harbour Bay, Kawasan THM Kampung Bule, wilayah Polsek Bengkong, Foodcourt Golden Beach, Pujasera Golden King, dan tempat makan sekitar Golden King.

Kelompok kedua melakukan patroli di wilayah hukum Polsek Batam Kota. Yakni Mega legenda 1, Mega legenda 2, KBC Batam Center, MCD Batam Center, Burger King Batam Center, KFC Batam Center, Pandora Batam Center, Dataran Engku Puteri, Lintas Cafe, Kawasan MTC. serta Wilayah Polsek Nongsa.

Kelompok ketiga berada di wilayah hukum Polsek Sei Beduk, yakni Terminal Pintu 3 Mukakuning, Bukit Kemuning, dan Kawasan Panbil. Kemudian wilayah Polsek Sagulung, meliputi Top 100 Tembesi, SP Plaza, dan kawasan Tunas Regency.

Kelompok Empat berada di wilayah Polsek Batuaji. Meliputi Pujasera Mitra Mall, penjual pinggir jalan sepanjang jalan Pemda 1, penjual pinggir jalan sepanjang jalan Moro Indah, Cafe Tek Kasi, dan penjual pinggir jalan sepanjang jalan Griya Prima.

Kemudian wilayah Polsek Sekupang, meliputi Cafe Yellow Gank (Vitka) Tiban lama, The Cafe Que (Vitka), Rubi Coffe Shop (Vitka), Cafe Titik Kumpul Patam Lestari, La Cofe Patam Lestari, wisata kuliner Tiban Indah, Cafe Tiban Anwar Tiban Baru, Cafe Boffet SS Tiban Baru, serta wilayah hukum Polsek Galang, dan Polsek Belakang Padang.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur mengatakan, patroli gabungan dan instansi terkait tentang rencana penertiban sekaligus penutupan tempat-tempat makan/foodcourt, tempat hiburan malam, di wilayah hukum Polresta Barelang bertujuan membatasi jumlah masyarakat yang berkunjung. Sehingga dapat membatasi mobilitas dan interaksi masyarakat di tempat keramaian.

Patroli dilakukan dengan mengimbau kepada pemilik tempat-tempat makan, foodcourt dan THM di masa adaptasi kehidupan baru saat ini harus menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, dan menegur pengunjung yang tidak memakai masker. Meja dan kursi harus disusun berjarak, harus menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Apabila terdapat pemilik tidak menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya, maka diultimatum akan ditutup,” kata Kapolres.

Petugas juga menyampaikan isi surat Edaran Walikota Batam tentang Waktu Penyelenggaraan Pada Jasa Usaha Kepariwisataan di Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Intinya menutup usaha/warung kopi pada pukul 22.00 WIB.

“Apabila terjadi penumpukan pengunjung dan tidak mengindahkan protokol kesehatan, maka atas nama undang-undang akan dibubarkan,” tegas Kapolres Yos Guntur. (r)

Editor: adminhaluan

Terkini

X