Soal Pemeriksaan Mardani H Maming di KPK, Kuasa Hukum: Surat Konfirmasi Sudah Dikirimkan

- Rabu, 27 Juli 2022 | 09:26 WIB
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIMPI) Mardani H Maming
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIMPI) Mardani H Maming

Mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani Maming, menyatakan siap menghadiri pemeriksaan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 28 Juli 2022 mendatang.

Hal itu ditegaskan kuasa hukumnya, Bambang Widjojanto.

Bahkan, Bambang sudah mengirimkan surat konfirmasi terkait kehadiran Mardani Maming kepada tim penyidik KPK. Namun, Bambang kecewa lantaran KPK seolah menyembunyikan informasi terkait hal itu.

"Kenapa informasi yang sangat jelas itu disembunyikan KPK, beginikah cara penegakan hukum ala KPK, tidak transparan dan sangat tidak akuntabel," ujar Bambang, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Bambang melampirkan surat Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPBH PBNU) yang dikirim ke KPK pada 25 Juli kemarin. Dalam surat tersebut Mardani Maming siap hadir pada 28 Juli 2022.

Dia menyatakan, Mardani akan kooperatif hadir sesuai permintaan kliennya. Kini Bambang kecewa lantaran KPK menetapkan Mardani dalam daftar buronan.

"Padahal ada surat yang sudah dikirimkan lawyer-nya MHM untuk meminta penundaan pemeriksaan. Kasihan masyarakat, terus menerus diberikan informasi yang keliru dan disesatkan," kata Bambang.

KPK resmi berkirim surat daftar pencarian orang (DPO) atas nama Mardani H. Maming ke Bareskrim Polri. Ketum HIPMI itu ditetapkan menjadi DPO lantaran dua kali tak memenuhi panggilam KPK.

"Hari ini (26/7) KPK memasukkan tersangka ini dalam daftar pencarian orang (DPO) dan paralel dengan itu KPK juga berkirim surat ke Bareskrim Polri untuk meminta bantuan penangkapan terhadap Tersangka dimaksud," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (26/7/2022).

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspadalah! Pinjol Ilegal Teror Korbannya dengan Cara Ini

Minggu, 25 September 2022 | 08:01 WIB

Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka Kasus Suap

Sabtu, 24 September 2022 | 07:46 WIB

Duh Teganya! Bayi Laki-laki Dibuang di Rumah Kontrakan

Jumat, 23 September 2022 | 16:32 WIB

Banding Ferdy Sambo Ditolak, Tetap Dipecat dari Polri

Selasa, 20 September 2022 | 08:40 WIB

Tetangga Bacok Bapak dan Anak di Sagulung

Senin, 5 September 2022 | 17:33 WIB
X