Diperiksa Komnas HAM, Berikut Pengakuan Ferdy Sambo

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:39 WIB
Ferdy Sambo. (internet)
Ferdy Sambo. (internet)

Eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo diperiksa Komnas HAM terkait tewasnya Brigadir J, Jumat (12/8/2022) di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Komnas HAM menyatakan ada sejumlah pengakuan mengejutkan yang disampaikan Ferdy Sambo kepada mereka.

Apa saja pengakuan Sambo?

Pertama, Ferdy Sambo mengaku jadi aktor utama tewasnya Brigadir J. Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik menjelaskan Ferdy Sambo (FS) mengakui dirinya sebagai aktor utama tewasnya Brigadir J.

Kedua, Ferdy Sambo mengakui rekayasa penembakan untuk mengelabui publik. Selain itu, Ferdy Sambo juga mengakui telah melakukan langkah-langkah rekayasa sejak awal. Sejumlah skenario, menurut Ahmad dirancang oleh Ferdy Sambo untuk mengelabui publik dari kebenaran yang sebenarnya.

"Dia mengakui sejak awal dia lah yang melakukan langkah-langkah rekayasa," katanya, Ahmad memastikan Ferdy Sambo mengakui dirinya bersalah. Ferdy Sambo siap menghadapi prosedur hukum yang berlaku. "Dia mengakui dia bersalah," ujarnya.

Ketiga, Ferdy Sambo dan istri sempat berkomunikasi sebelum penembakan Brigadir J. Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam menemukan ada komunikasi antara Ferdy Sambo dengan istrinya, Putri Candrawathi satu jam sebelumnya. Kejadian itu terekam CCTV yang menampilkan rumah pribadi Sambo di Jalan Saguling, Jakarta Selatan.
"Dalam rekaman video yang kami dapatkan dari kurang lebih 1 jam yang kita juga tadi tanyakan, apa yang terjadi dalam peristiwa itu dan ternyata memang ada komunikasi antara Sambo dan istrinya. Sehingga memang sangat mempengaruhi peristiwa yang ada di TKP 46," kata Anam, Jumat (12/8/2022).

Keempat, Ferdy Sambo konfirmasi soal ancaman yang diterima Brigadir J. Komnas HAM juga mendalami percakapan antara Brigadir J dengan kekasihnya, Vera.
Percakapan itu, kata Anam, merupakan informasi ancaman yang diterima Brigadir J kemudian disampaikan kepada sang kekasih.

"Yang ada ancaman tadi juga terkonfirmasi terkait peristiwa apa yang terjadi di Magelang," tutur Anam. Namun Anam tidak menjelaskan secara detail peristiwa apa yang terjadi di Magelang yang melibatkan rombongan Sambo.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Wartawan di Batam Ditemukan Tewas Tergantung

Kamis, 24 November 2022 | 13:49 WIB

Brigjen Hendra Kurniawan Dipecat dari Polri

Senin, 31 Oktober 2022 | 18:58 WIB

Persidangan Perkara Ferdy Sambo Cs Digelar Terbuka

Senin, 10 Oktober 2022 | 11:22 WIB
X