Terlibat Kasus Sambo, AKP Dyah Chandrawati Jalani Sidang Etik Hari Ini

- Kamis, 8 September 2022 | 10:53 WIB
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. (internet)
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. (internet)

Sidang etik terhadap personel kepolisian yang diduga melakukan pelanggaran terkait dengan kasus pembunuhan berencana Brigadir J terus bergulir. Kali ini, komisi akan menggelar sidang etik dengan terduga pelanggar, yaitu AKP Dyah Chandrawati.

"Hari ini akan digelar kode etik AKP DC," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Kamis (8/9/2022).

Meski begitu, Dedi menekankan, sidang terhadap AKP Dyah ini tidak ada kaitannya dengan kasus menghalangi penyidikan atau Obstruction of Justice terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Dedi menekankan, sidang etik terhadap AKP Dyah ini merupakan pelanggaran etik dalam kategori sedang.

"Ini tidak ada kaitannya dengan obstraction of justice ini pelanggaran kode etik yang diklasifikasikan pak Karowabprof, ada berat sedang dan ringan. Dan itu (AKP Dyah) masuk kategori sedang," ujar Dedi.

Menurut Dedi, komisi etik akan terus melakukan sidang terhadap terduga pelanggar maupun tujuh tersangka Obstruction of Justice dalam perkara Brigadir J.

"Yang berikutnya juga akan digelar sidang kode etik lainnya. Untuk terkait sidang kode etik obstraction of justice, mungkin akan dilanjutkan minggu depan," ucap Dedi.

"Karena pemberkasan juga masih terus berproses. Saksi-saksi juga yang diminta keterangan cukup banyak dan juga proses berikutnya akan saya sampaikan ke teman-teman nanti," tambah Dedi menjelaskan.

Dedi menuturkan, dalam proses sidang etik pihaknya membagi menjadi tiga klaster, yakni merusak CCTV, menghalangi penyidikan di TKP, dan ketidakprofesionalan dalam melakukan olah TKP.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Wartawan di Batam Ditemukan Tewas Tergantung

Kamis, 24 November 2022 | 13:49 WIB

Brigjen Hendra Kurniawan Dipecat dari Polri

Senin, 31 Oktober 2022 | 18:58 WIB

Persidangan Perkara Ferdy Sambo Cs Digelar Terbuka

Senin, 10 Oktober 2022 | 11:22 WIB
X