Terdakwa Kasus Pencabulan Julianto Eka Putra Divonis 12 Tahun Penjara

- Jumat, 9 September 2022 | 14:15 WIB
 Sidang kasus kekerasan seksual di SMA SPI (Selamat Pagi Indonesia) kota Batu, Jawa Timur kembali digelar, terdakwa Julianto Eka Putra.
Sidang kasus kekerasan seksual di SMA SPI (Selamat Pagi Indonesia) kota Batu, Jawa Timur kembali digelar, terdakwa Julianto Eka Putra.

Terdakwa kasus kekerasan seksual di Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) kota Batu, Jawa Timur, Julianto Eka Putra alias JE, divonis hukuman penjara selama 12 tahun.

Dalam kasus ini, Julianto dinyatakan terbukti secara sah melakukan tindak pidana kekerasan seksual.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Julianto Eka Putra Alias Ko Jul berupa pidana penjara selama 12 tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan dan denda sebesar Rp 300 juta subsider tiga bulan kurungan," kata majelis hakim Herlina Rayes, dikutip dari detikJatim, Rabu (7/9/2022).

Persidangan perkara kekerasan seksual terhadap siswa-siswinya dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Harlina Reyes di Pengadilan Negeri (PN) Malang.

Sebagai informasi, Julianto merupakan pemilik sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI), Ia juga sering tampil menjadi motivator dalam berbagai acara.

Selain hukuman penjara selama 12 tahun tersebut, Julianto juga diwajibkan membayar restitusi kepada korban sebesar Rp44,7 juta.

Dalam kasus ini, jika harta benda yang dilelang ini tidak mencukupi membayar biaya restitusi maka jaksa bisa menggantinya dengan kurungan satu tahun penjara.

"Jika terpidana tidak mempunyai harta yang mencukupi untuk membayar restitusi tersebut maka diganti dengan Pidana kurungan pengganti selama satu tahun," tutur Harlina. *

(sumber: harianhaluan.com)

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Wartawan di Batam Ditemukan Tewas Tergantung

Kamis, 24 November 2022 | 13:49 WIB

Brigjen Hendra Kurniawan Dipecat dari Polri

Senin, 31 Oktober 2022 | 18:58 WIB

Persidangan Perkara Ferdy Sambo Cs Digelar Terbuka

Senin, 10 Oktober 2022 | 11:22 WIB
X