Pengiriman Calon Pekerja Migran Indonesia Digagalkan

- Jumat, 30 September 2022 | 19:49 WIB
(istimewa)
(istimewa)

Batam (HK) - Jajaran Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) kembali menggagalkan pengiriman empat orang calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal. Mereka akan dikirim ke negara tetangga Malaysia di pelabuhan Internasional Batam Center, pada Rabu (21/9/22) sore.

Informasi yang didapat dari kepolisian, pengungkapan sindikat pengiriman PMI ilegal ini berawal saat seorang korban inisial S (29) datang ke Pos Polisi pelabuhan Batam Center dengan niat menumpang ngecas handphone, Rabu (21/9) lalu.

Dikarenakan curiga, petugas pun mengintrogasi dan mengecek terhadap dokumen yang dibawa seperti 1 lembar kertas yang menyatakan ditolak masuk ke negera Malaysia serta mengamankan mobil jenis Xenia, Paspor, tiket feri, tiket pesawat dan Hape Android.

Dikarenakan ditolak masuk ke negara Malaysia, lanjutnya Kapolsek KKP itu, bahwa berinisial S menyampaikan bahwa ia akan pergi ke Malaysia untuk bekerja dan semua kebutuhan proses keberangkatan selama di penampungan Batam diurus oleh pelaku IP.

Kapolsek KKP Batam, AKP Awal Sya’ban Harahap, saat Konferensi pers, Kamis (29/9/2022) mengatakan timnya berhasil mengamankan tiga orang, dan pelaku yang berhasil di amankan berinisial J (39 Tahun) di Halte Masjid raya Batam Centre, Rabu (28/9) lalu.

Ketika diamankan, pelaku berperan memberikan fasilitas penampungan PMI ilegal dan memberikan fasilitas paspor dan memberangkatkan korban melalui Pelabuhan ferry international Batam Centre menuju Negara Malaysia.

Dari tangan pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya satu unit mobil xenia, sejumlah paspor, tiket pesawat, tiket kapal tujuan Malaysia, handphone, kartu ATM, serta KTP.

"Jadi, keduanya diamankan di lokasi berbeda mereka bekerja terpisah tidak saling kenal,” ujar Kapolsek.

Saat diinterogasi, terduga pelaku IP berperan membantu mengurus memberangkatkan dan menyediakan semua kebutuhan korban selama berada di penampungan dirumahnya sendiri.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Wartawan di Batam Ditemukan Tewas Tergantung

Kamis, 24 November 2022 | 13:49 WIB

Brigjen Hendra Kurniawan Dipecat dari Polri

Senin, 31 Oktober 2022 | 18:58 WIB

Persidangan Perkara Ferdy Sambo Cs Digelar Terbuka

Senin, 10 Oktober 2022 | 11:22 WIB
X