Mengenal Suci, Gadis Minang Sang Juru Bahasa Isyarat di Polres Karimun

- Kamis, 3 Juni 2021 | 20:34 WIB
suci ramadhani juru bahasa isyarat
suci ramadhani juru bahasa isyarat

KARIMUN (HK)-Ada yang berbeda dari pelaksanaan konferensi pers Polres Karimun belakangan ini. Dari 2 konferensi terakhir, muncul sosok wanita cantik yang begitu lincah memainkan tangannya ketika pejabat Polres menyampaikan release kepada awak media yang meliput.

Wanita berkacamata ini diketahui bernama Suci Rahmadani, warga Bukit Senang, Kecamatan Karimun. Gerakan tangan dipadu lentikan jemari serta ekspresi wajah yang dilakukan Suci saat konferensi pers tersebut merupakan bahasa isyarat bagi penderita tunarungu. Aktivitasnya itu dikenal dengan Juru Bahasa Isyarat.

Sehari-harinya, Suci adalah seorang guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Sehati Karimun yang berada di Telaga Riau, Kelurahan Sungai Lakam Barat, Kecamatan Karimun.

"Alhamdulillah, pada hari kedua ini makin lancar," ujar Suci dengan ekspresi bahagia kepada Kepala Sekolah SLB Sehati dan juga teman- temannya usai menjadi Juru Bahasa Isyarat saat konferensi pers kasus pencurian yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Arsyad Riyandi di aula Mapolres, Kamis (3/6/2021).

Suci merupakan gadis keturunan Minang, dia berasal dari Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Namun, lahir dan besar di Medan, Sumatera Utara. Disana, Suci sempat kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Triguna Dharma Medan.

"Saya orang Minang, suku Piliang dari Maninjau. Namun, saya lahir dan besar di Medan," kata Suci berbincang ringan dengan haluankepri.com di Rupatama Polres Karimun.

Dia tertarik menekuni profesi sebagai Juru Bahasa Isyarat berawal ketika memiliki saudara yang tunarungu (tuli) dan juga memiliki pasangan yang tuli juga. Sejak kecil dia suka memperhatikan bahasa isyarat dari saudaranya itu.

"Jadi seorang Juru Bahasa Isyarat ini adalah panggilan hati saya. Berawal dari memiliki saudara yang tuli dan menikah sesama penderita tuli. Waktu itu saya masih kecil, dan seru saja melihat mereka komunikasi menggunakan bahasa isyarat," tuturnya.

Lama kelamaan dia makin suka hingga kuliah mengambil jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) di Universitas Karimun. Sebelum kuliah, Suci merupakan pengajar anak-anak penyandang disabilitas di SLB Sehati, khususnya tunarungu. Dia sudah 7 tahun mengabdi di sekolah itu. Bahkan, setamat kuliah dia tetap mengajar disana.

Tak mudah bagi Suci untuk menjadi seorang Juru Bahasa Isyarat, dia harus belajar langsung dengan penderita tunarungu tersebut. Selain itu, dia juga harus terus memperdalam abjad bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) serta terus berkomunikasi dengan rekan-rekannya di Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Kepri.

"Saya ini kan punya murid tunarungu atau lebih mudah disebut tuli. Jadi, ketika kita mau berbicara dengan mereka, kita harus langsung berbicara dengan mereka menggunakan bahasa isyarat dan harus hafal abjad Bisindo. Misalnya, ketika hendak menyampaikan 'saya mau' atau 'ini apa' harus langsung menggunakan abjad Bisindo tersebut," jelasnya.

Dia terus belajar dan mengasah kemampuannya dengan melihat tutorial abjad Bisindo dari YouTube, belajar dari teman-temannya penderita tuli. Dia makin banyak bertanya dan terus mengembangkan kemampuan diri.

"Kawan saya bilang, untuk lebih cepat kita harus belajar sama yang tulinya langsung. Selain itu, kalau untuk berkomunikasi dengan penderita tuli, tentu kita harus menggunakan video call. Itu terus dilakukan hingga kemampuan saya makin berkembang," ungkap Suci.

Untuk menularkan kemampuannya sebagai Juru Bahasa Isyarat kepada masyarakat, Suci pernah membuka kelas bahasa isyarat di Perpustakaan Daerah Karimun. Sayangnya, kelas itu harus tutup sejak Maret 2020 ketika pandemi covid-19 mulai melanda dunia.

Ke depan, setiap ada konferensi pers di Polres Karimun, maka sosok Suci Rahmadani akan terus hadir di depan awak media yang meliput. Selamat bertugas ya Suci. (ham)

Editor: Ilham Sijori

Terkini

Rezi Dharmawan Jabat Kasi Intelijen Kejari Karimun

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:25 WIB
X