Akibat PPKM Darurat, Kapal Cepat Karimun-Batam-Riau Kembali Stop Beroperasi

- Rabu, 14 Juli 2021 | 16:57 WIB

KARIMUN (HK)-Seiring tingginya kasus covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah daerah, maka sejumlah kapal ferry cepat dari embarkasi Tanjungbalai Karimun tujuan kabupaten/kota di Riau atau antar pulau luar provinsi hingga tujuan Batam kembali berhenti.

Sebagian perusahaan pelayaran mulai menghentikan operasi kapal cepatnya sejak Rabu (14/7/2021), bahkan ada yang sudah sejak Selasa, 13 Juli 2021 mulai berhenti beroperasi.

Kapal MV Batam Jet misalnya, telah mengumumkan untuk berhenti beroperasi sementara waktu sejak 13 Juli 2021 hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Melalui pengumuman yang disampaikan manajemen MV Batam Jet, kapal dengan rute Tanjungbalai Karimun, Tanjungsamak, Selatpanjang, Bengkalis, Dumai tidak berangkat lagi pada pukul 08.45 WIB.

Begitu juga kapal dengan rute Tanjungbalai Karimun tujuan Sekupang, Batam dengan keberangkatan pukul 12.45 WIB juga berhenti beroperasi.

Sementara, kapal Dumai Line atau Dumai Express Grup dengan rute Tanjungbalai Karimun, Tanjungsamak, Repan, Sei Tohor, Selatpanjang, Buton, Bengkalis, Dumai juga mulai berhenti beroperasi sejak Rabu, 14 Juli 2021.

Kapal dengan tujuan Tanjungbalai Karimun-Batam dengan jadwal keberangkatan pada pukul 07.30 dan 14.30 WIB juga berhenti beroperasi.

Bukan hanya itu, kapal MV Miko Natalia yang biasa melayari rute Tanjungbalai Karimun-Batam juga sudah mulai berhenti beroperasi sejak Selasa, 13 Juli 2021.

“Mulai tanggal 13 hingga batas waktu yang tidak ditentukan, kapal penumpang antar provinsi tidak lagi beroperasi, karena tingginya kasus covid-19 dan adanya kebijakan PPKM Darurat oleh pemerintah,” ujar Ketua Indonesian National ShipOwners Association (INSA) Cabang Tanjungbalai Karimun, Bustami Datuk Rajo Marah, Rabu (14/7/2021).

Bustami berharap agar situasi ini bisa segera berakhir, sehingga moda transportasi laut yang berangkat dan masuk di embarkasi Karimun bisa kembali normal. (ham)

Editor: Ilham Sijori

Terkini

X