Dalam Kemasan Teh Cina, 1 Kg Sabu dari Malaysia Kembali Masuk Karimun

- Kamis, 15 Juli 2021 | 14:44 WIB

KARIMUN (HK)-Pemasokan narkotika jenis sabu-sabu dari Malaysia ke Karimun terus berlangsung. Kali ini, polisi mengamankan sekitar 1,1 kg sabu-sabu.

Modusnya tetap sama, barang haram itu dikemas dalam kemasan teh Cina dan diletakkan begitu saja di pelabuhan KPK (pelabuhan antar pulau di Karimun).

Polisi masih tetap kesulitan untuk mengungkap jaringan ini. Sebab, sindikat narkotika ini selalu memutus mata rantai jaringannya.

"Barang bukti narkotika ini, seperti sebelumnya juga berasal dari negara tetangga kita, Malaysia. Modusnya masih sama, ini beratnya 1 kilo lebih," ujar Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan saat konferensi pers, Kamis (15/7/2021).

Adenan menyebut, penyelundupan narkotika lintas negara tersebut komunikasinya terputus. Masing-masing berperan atau mengambil bagiannya.

"Komunikasi mereka terputus. Ini yang kita ambil dulu, yang disana akan kita selidiki, khususnya yang di negara sebelah (Malaysia). Nanti kita akan bekerjasama dengan Direktorat Narkoba Polda Kepri," jelasnya.

Dikatakan, modus operandinya, ada pemesan barang (narkotika) dari luar negeri, kemudian bertemu di tengah laut perbatasan (internasional) menggunakan kapal.

"Barang ini hendak dibawa ke Batam. Namun, tim kita berhasil mengamankannya di pelabuhan KPK," ungkap Adenan.

Menurut dia, semua tim akan dikerahkan untuk mengungkap jaringan narkotika lintas negara tersebut, termasuk Tim Polair Polres Karimun.

"Segala informasi di wilayah perbatasan, kita pantau terus," tuturnya.

Dari 1,1 kg sabu-sabu tersebut, polisi mengamankan 4 orang tersangka. Mereka bukan saja warga Karimun, namun ada juga yang berasal dari Pulau Terong, Batam.

Amankan 16 Tersangka

Saat konferensi pers tersebut, Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan juga mengungkap 11 kasus tindak pidana narkotika di wilayah hukum Polres Karimun selama kurun waktu 1 Juni hingga 12 Juli 2021. Dari 11 kasus itu, pihaknya mengamankan 16 orang tersangka.

“Para tersangka yang berhasil diamankan Tim Panther Satresnarkoba Polres Karimun berinisial SD, DY, AI, BN, AT, PA, MF, JF, RI, AN, RO, HR, MF, AD, ES, MAH ditangkap di TKP berbeda-beda, Modusnya mengedarkan,” ujar Adenan.

Dikatakan, lokasi penangkapan ada di 5 kecamatan diantaranya Kecamatan Karimun, 6 kasus dengan 7 tersangka. Kemudian, Kecamatan Tebing 2 kasus 4 tersangka. Kecamatan Meral Barat 1 kasus 2 tersangka. Kecamatan Kundur 1 kasus 2 tersangka. Sedangkan Kecamatan Kundur Utara/ Barat 1 kasus 1 tersangka.

"Para tersangka ini semua laki-laki,” sebutnya.

Barang bukti 1.166,73 gram sabu yang disita, bisa menyelematkan 3.500 sampai dengan 4.666 jiwa manusia.

“Asumsinya 1 gram dikonsumsi 3 sampai 4 orang,” pungkas Adenan. (ham)

Editor: Ilham Sijori

Terkini

X