Cobalah Jalan di Sekitar Rumah. Ini Manfaatnya

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 07:57 WIB
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)

Guna menjaga kesehatan mental di saat pandemi ini, psikolog klinis dewasa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Nirmala Ika, M.Psi menyarankan agar masyarakat untuk terus menjaga kesehatan mental. Bagaimana caranya?

"Tetap bergerak. Di rumah saja kadang membuat kita malas ngapa-ngapain. Kalau memang tidak bisa keluar kan kita bisa muter-muter di sekitar rumah," ucapnya seperti dilansir republika.co.id.

Saat melakukan aktifitas di luar rumah, ucapnya lagi, protokol kesehatan tetap harus ditegakkan, yakni dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan.

Di samping itu, berjalan-jalan di lingkungan tempat tinggal juga sekaligus menjadi upaya tetap terkoneksi dengan orang-orang di sekitar. Cara ini pun dapat melunturkan kesan berlebihan bahwa betapa menakutkannya dunia luar.

"Ketika kita keluar, minimal tahu ada kehidupan. Tetap dipikirkan protokol kesehatannya, tetap bijak seberapa perlu keluarnya, urgensinya," tutur psikolog yang berpraktik di RS Pluit Jakarta Utara itu.

Apabila tinggal di apartemen atau rumah susun, Anda bisa turun ke bawah sejenak sambil menerapkan protokol kesehatan. Selain baik untuk kesehatan mental, tetap aktif bergerak atau berolahraga juga bagus untuk kesehatan fisik.

Aktif bergerak, menurut Ika, dapat membantu tidur lebih nyenyak sekaligus meningkatkan suasana hati dan tingkat energi. Seperti dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), anak-anak dan remaja berusia 6-17 tahun membutuhkan setidaknya 60 menit aktivitas fisik intensitas sedang hingga berat setiap hari.

Sementara orang dewasa membutuhkan 150 menit sepekan aktivitas intensitas sedang, seperti jalan cepat, untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Bila beraktivitas di luar rumah tak memungkinkan, Anda bisa tetap melakukannya di dalam rumah, misalnyam dengan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan lemari atau membersihkan debu.

Saat menonton televisi, cobalah untuk tidak statis. Anda bisa melakukan jumping jacks atau push-up selama jeda iklan. *

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Bikin Gorengan Enak Tapi Sehat ala dr Zaidul Akbar

Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:27 WIB

Waspada! Hindari Tidur Sambil Duduk

Minggu, 24 Oktober 2021 | 07:21 WIB

Berkumur dengan Air Serai Ampuh Lawan Kuman

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:33 WIB

Bawang Putih Baik untuk Menjaga Kesehatan Para Lelaki

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:11 WIB

Ternyata Daun Pandan Miliki Manfaat Ini Lho

Kamis, 7 Oktober 2021 | 06:47 WIB

Bagaimana Cara Minum Madu yang Benar?

Selasa, 28 September 2021 | 10:42 WIB
X