Istilah Masuk Angin Tidak Ada Dalam Dunia Medis, Apa Sebenarnya yang Terjadi Pada Tubuh?

- Senin, 15 November 2021 | 10:27 WIB
 (Freepik/ freepik)
(Freepik/ freepik)

 

KEPRI.HARIANHALUAN.COM – Hampir setiap orang pernah merasakan gejala tidak enak badan, badan pegal, mual, dan merasa kedinginan. Kondisi ini sering disebut dengan istilah masuk angin.

Namun tahukah kamu, istilah ini hanya digunakan di Indonesia saja? Lantas bagaimana penjelasan medis terkait kondisi ini?

Banyak yang  mengira bahwa hal ini terjadi karena terlalu banyak angin yang masuk ke dalam tubuh terutama saat musim hujan. Mereka pun cenderung menanganinya dengan kerokan agar anginnya keluar.

Dilansir dari Hello Sehat, menurut Dokter Mulia, istilah masuk angin hanya sebutan yang digunakan oleh orang Indonesia ketika mengalami gejala tertentu. Istilah tersebut tidak terdapat dalam dunia medis.

“Istilah masuk angin tidak ada dalam literatur kedokteran. Jadi masuk angin itu hanya sebutan orang Indonesia bagi kumpulan gejala tadi,” ujarnya.

Orang Indonesia akan mengatakan dirinya masuk angin apabila mengalami salah satu dari gejala, yaitu pegal, kembung, atau perut terasa penuh, tidak bisa berhenti buang angin, mual, batuk, flu, merasa kedinginan, serta demam.

Namun sebenarnya gejala tersebut mempunyai penyebab tersendiri dan bisa jadi tanda penyakit tertentu.

Kerokan yang sering dijadikan jalan keluar pun menurut pandangan medis sebenarnya bukanlah solusi yang tepat dan tidak dianjurkan dalam standar kedokteran medis. Hal itu justru hanya akan membuka dan memperlebar pori-pori tubuh.

“Harus dicari dulu penyebabnya baru diberi penanganan yang sesuai. Apabila gejala masuk angin masih ada setelah beberapa hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Pemberian Vaksinasi Booster Dimulai Besok

Selasa, 11 Januari 2022 | 19:24 WIB

Petai Bisa untuk Turunkan Darah Tinggi Lho!

Senin, 3 Januari 2022 | 08:16 WIB

Kenapa Jumlah Orang Gemuk Terus Bertambah?

Senin, 27 Desember 2021 | 08:41 WIB
X