Perubahan Cuaca, Konsumsi Jintan Hitam dan Madu Bantu Tubuh Nggak Mudah Sakit

- Minggu, 26 Desember 2021 | 19:52 WIB
Jintan Hitam. (internet)
Jintan Hitam. (internet)

Salah satu cara menyikapi perubahan cuaca saat ini adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dengan cara rutin berolahraga dan mengatur asupan makanan.

Namun, mengonsumsi herbal tradisional Indonesia juga bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai ancaman penyakit.

Madu. (pikiran-rakyat.com)

Tim Edukasi Media Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Afifah K. Vardhani, M.Si menyebut madu dan habbatussauda adalah kombinasi yang tepat dan berfungsi sebagai imunostimulan untuk memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Habbatussauda atau Nigella sativa merupakan obat herbal untuk berbagai macam jenis penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Habbatussauda memiliki berbagai kandungan gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, B1, B6, C, dan E," kata dr. Afifah.

Baca Juga: Saatnya Timnas Akhiri Kutukan Spesialis Runner-up Piala AFF

Ia menambahkan bahwa herbal tersebut termasuk dalam kelompok imunostimulan fitogenik dengan kandungan thymoquinone. Fungsinya sebagai antioksidan, antiinflamasi, antivirus, antimikroba, dan imunomodulator.

Sedangkan madu mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, K, asam fenolik, karotenoid, flavonoid. Senyawa fitonutrien pada madu dapat memperkuat sel imun dalam tubuh.

Baca Juga: Siapa Calon Lawan Indonesia di Final Piala AFF 2020?

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Makanan Ini Bisa Tangkal Flu

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:05 WIB

Kenapa Ada Orang Merasa Kesepian?

Minggu, 19 Juni 2022 | 07:37 WIB

Pria Homoseksual Rentan Terinfeksi Cacar Monyet

Senin, 6 Juni 2022 | 11:11 WIB

Sakit Kepala? Bumbu Masak Ini Bisa Jadi Obat

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:36 WIB
X