Berikut Bahan Alami yang Ampuh Keluarkan Dahak di Tenggorokan

- Senin, 27 Desember 2021 | 07:28 WIB
Jahe (internet)
Jahe (internet)

Dahak merupakan lendir yang diproduksi untuk melindungi sistem pernapasan dari benda asing maupun dari infeksi. Dahak juga berperan untuk melembapkan saluran pernapasan.

Sebetulnya, dahak selalu ada baik saat seseorang sakit maupun sehat. Namun, saat seseorang sakit, dahak menjadi lebih kental dan terasa. Ini disebabkan oleh benda asing yang dijerat oleh dahak tersebut.

Sebagian besar kasus penumpukan dahak adalah akibat dari infeksi seperti pilek atau flu dan dapat disembuhkan dengan mudah.

Baca Juga: Nasi Padang

Jika Anda menderita dahak setelah suatu penyakit dan ingin segera sembuh, pengobatan berikut ini terbukti ampuh keluarkan dan hilangkan dahak membandel di tenggorokan:

Pertama, Berkumur Air Garam
Kumur air garam adalah obat yang terbukti untuk memerangi infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek dan flu, yang keduanya dapat menyebabkan penumpukan dahak.
Sementara air hangat dapat memberikan bantuan langsung kepada tenggorokan Anda. Sifat antibakteri garam dapat memerangi infeksi yang telah mengakibatkan produksi berlebihan dari dahak.

Baca Juga: Merantau

Kedua, Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin yang memberikan sebagian besar khasiat obatnya.

Selain digunakan sebagai ekspektoran alami untuk membantu memecah dahak, bawang putih juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri, virus, dan infeksi jamur yang dapat menyebabkan kelenjar pernafasan Anda untuk menghasilkan lebih banyak dahak.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Makanan Ini Bisa Tangkal Flu

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:05 WIB

Kenapa Ada Orang Merasa Kesepian?

Minggu, 19 Juni 2022 | 07:37 WIB

Pria Homoseksual Rentan Terinfeksi Cacar Monyet

Senin, 6 Juni 2022 | 11:11 WIB

Sakit Kepala? Bumbu Masak Ini Bisa Jadi Obat

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:36 WIB
X