Vaksin Jenis Apa yang Ampuh Lawan Omicron? Berikut Bocorannya

- Senin, 27 Desember 2021 | 17:52 WIB
Ilustrasi (Freepik)
Ilustrasi (Freepik)

 

HALUAN KEPRI – Virus Covid-19 bermutasi menjadi banyak varian. Baru-baru ini Covid-19 varian Omicron ditemukan di wilayah Afrika Selatan dan membuat sejumlah negara kewalahan karena penularannya sangat cepat.

Meskipun vaksinasi telah dilakukan, namun ada di antaranya yang memiliki efikasi menurun saat melawan varian Omicron.

Lantas, vaksin apa yang efektif untuk menghadapi varian baru ini? Berikut beberapa penelitian soal vaksin menghadapi Omicron, dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (27/12):

Vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna

Berdasarkan studi dari Discovery Health, sebuah perusahaan asuransi Afrika Selatan, menemukan dua dosis Pfizer memiliki keefektifan 70% melawan Omicron. Angka ini menurun dari efikasi awal sekitar 80%. Catatan efektivitas vaksin itu juga untuk melawan penyakit parah serta rawat inap.

Baca Juga: Diklaim Gagal Beri Perlindungan dari Omicron, Penerima Vaksin Sinovac Disarankan Booster Jenis Lain

Ada juga studi dari Columbia University dan University of Hong Kong yang menemukan antibodi yang dihasilkan Pfizer 20 kali lebih rendah melawan Omicron dibandingkan varian aslinya.

Sementara itu, riset di Inggris mengungkapkan 32% dari 581 kasus Omicron menerima dua dosis Pfizer 15 minggu atau lebih dari itu sebelumnya.

Peneliti juga menyimpulkan vaksinasi booster membuat peningkatan atas perlindungan. Antibodi Pfizer melawan Omicron dikatakan meningkat sama seperti menghadapi infeksi varian awal.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Pemberian Vaksinasi Booster Dimulai Besok

Selasa, 11 Januari 2022 | 19:24 WIB

Petai Bisa untuk Turunkan Darah Tinggi Lho!

Senin, 3 Januari 2022 | 08:16 WIB

Kenapa Jumlah Orang Gemuk Terus Bertambah?

Senin, 27 Desember 2021 | 08:41 WIB
X