Awas! Makanan Ini Dapat Memicu Risiko Kanker Prostat 2 Kali Lipat

- Jumat, 7 Januari 2022 | 09:08 WIB
ilustrasi. (pikiran-rakyat.com)
ilustrasi. (pikiran-rakyat.com)

Kanker prostat bisa dipicu oleh makanan tertentu. Namun hal ini kerap diabaikan.

Dikutip dari laman The Sun, para peneliti menemukan seseorang yang makan banyak sajian berbasis susu dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit di kemudian hari.

Sebuah makalah yang diterbitkan dalam Epidemiological Review menunjukkan, hal itu bahkan dapat melipatgandakan risiko bagi orang yang mengonsumsi susu dalam jumlah tinggi.

Baca Juga: OTT Wako Bekasi, KPK Amankan Rp5 Miliar

"Dalam studi ini, pria dengan asupan susu tertinggi memiliki sekitar dua kali lipat risiko kanker prostat total, dan hingga empat kali lipat peningkatan risiko metastasis atau kanker prostat fatal dibandingkan dengan konsumen rendah," tulis peneliti.

"Masih belum diketahui senyawa mana dalam produk susu yang mungkin bertanggung jawab atas asosiasi ini. Namun, beberapa penelitian terbaru yang mampu menyelidiki nutrisi lebih teliti menunjukkan bahwa kalsium dan mungkin fosfor mungkin memainkan peran penting," imbuh para peneliti.

Sebelumnya telah diperkirakan, kandungan lemak dalam susu yang merupakan faktor risiko.

Pada 2019, para ilmuwan AS menganalisis data dari 47 penelitian yang mengamati pola makan lebih dari satu juta pria. Mereka menunjukkan mereka yang secara teratur mengonsumsi produk susu seperti susu, keju, mentega, dan yoghurt antara tujuh dan 76 persen lebih mungkin terkena kanker prostat.

Baca Juga: Gempa M 4,9 Guncang Jember, Getarannya Terasa hingga Blitar

Para ahli berpendapat bahwa susu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan utama dan meningkatkan kadar kalsium, keduanya dikaitkan dengan tumor prostat. Kanker prostat.

"Penelitian belum membuktikan apakah susu atau kalsium memiliki efek langsung pada risiko kanker prostat. Ada beberapa penelitian yang menemukan peningkatan risiko pada orang yang mengonsumsi susu dalam jumlah besar. Tapi tidak ada cukup bukti bagus untuk ini. Namun, Makan dan minum susu dan produk susu dapat mengurangi risiko kanker usus," ujar Cancer Research UK.

Prostat adalah kelenjar kecil seukuran buah kenari, yang terletak di sekitar uretra (saluran tempat pria buang air kecil dan ejakulasi, antara penis dan kandung kemih).

Baca Juga: 10 WNA Peras Pejabat Negaranya dengan Modus Sex Phone

Gejala kanker prostat meliputi lebih sering buang air kecil, terutama di malam hari, Sulit memulai buang air kecil, Aliran lemah, Mengejan dan lama saat buang air kecil, Merasa kandung kemih belum sepenuhnya kosong.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Mau Tahu Pentingnya Sarapan Bagi Anak?

Rabu, 22 Februari 2023 | 09:48 WIB

Berikut Lima Sarapan untuk Penderita Maag

Minggu, 12 Februari 2023 | 08:30 WIB

Kasus Ginjal Akut Kembali Ditemukan di Jakarta

Senin, 6 Februari 2023 | 15:05 WIB

Mau Tahu Manfaat Bermain Bagi Anak?

Sabtu, 4 Februari 2023 | 18:11 WIB

Kepri Belum Ditetapkan Sebagai Wilayah Endemi

Rabu, 25 Januari 2023 | 09:36 WIB

Waspada! Nitrogen pada Cikibul Berbahaya bagi Tubuh!

Selasa, 17 Januari 2023 | 09:44 WIB

Lato-Lato Dinilai Dapat Melatih Motorik Anak

Sabtu, 7 Januari 2023 | 10:02 WIB

Bolehkah Olahraga saat Kondisi Tubuh Kurang Sehat?

Senin, 12 Desember 2022 | 09:38 WIB
X