Konsumsi 7 Gram Minyak Zaitun Tiap Hari Kurangi Risiko Kematian

- Jumat, 14 Januari 2022 | 13:47 WIB
Minyak Zaitun. (pikiran-rakyat.com)
Minyak Zaitun. (pikiran-rakyat.com)

Minyak zaitun atau oil biasanya lebih sering digunakan sebagai bahan masakan, agar jadi lebih gurih dan lebih beraroma. Bukan sekedar sebagai bahan masakan, minyak zaitun ternyata mengandung manfaat untuk kesehatan.

Studi penelitian terbaru mendapati bawah tingkat konsumsi harian minyak zaitun erat kaitannya dengan resiko kematian yang lebih rendah.

Mengutip dari Thehealthsite melalui Okezone.com, Jumat (14/1/2022) studi penelitian baru yang dipublikasikan di Journal of the American College of Cardiology menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 7 gram ( kurang lebih 1/2 sendok makan) minyak zaitun per hari berhubungan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat dari penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit neurodegeneratif, dan penyakit pernapasan.

Baca Juga: Damac Group Dubai Bakal Bangun Data Center di Batam

Penelitian digelar dengan cara yaitu para peneliti memantau pola makan sebanyak 60.582 orang wanita dan 31.801 orang pria yang bebas dari penyakit kardiovaskular dan kanker pada awal penelitian.

Tak tanggung-tanggung, ternyata para peserta diikuti selama 28 tahun dan diet peserta masing-masing dinilai dengan kuesioner setiap empat tahun sekali.

Tak lupa, para peneliti juga menghitung asupan minyak zaitun dan minyak nabati lainnya, susu dan lemak lainnya.

Menurut para peneliti, dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi minyak zaitun, kelompok orang yang termasuk dalam kategori konsumsi minyak zaitun tertinggi (sekitar 9 gram per hari) memiliki risiko kematian kardiovaskular 19 persen lebih rendah, risiko kematian akibat kanker 17 persen lebih rendah, 29 persen risiko kematian yang lebih rendah akibat neurodegeneratif dan resiko kematian 18 persen lebih rendah akibat penyakit pernapasan.

Baca Juga: Piala Super Spanyol: Bilbao vs Madrid di Final

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Pemberian Vaksinasi Booster Dimulai Besok

Selasa, 11 Januari 2022 | 19:24 WIB

Petai Bisa untuk Turunkan Darah Tinggi Lho!

Senin, 3 Januari 2022 | 08:16 WIB

Kenapa Jumlah Orang Gemuk Terus Bertambah?

Senin, 27 Desember 2021 | 08:41 WIB
X