Rutin Makan Alpukat saat Sahur dan Berbuka Puasa Baik untuk Kesehatan Jantung

- Minggu, 3 April 2022 | 09:16 WIB
Alpukat. (internet)
Alpukat. (internet)

Alpukat sudah terbukti baik untuk kesehatan. Mengonsumsinya secara rutin di bulan puasa, saat sahur dan buka puasa, ternyata baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, risiko penyakit kardiovaskular pun menjadi lebih kecil.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association itu menjelaskan secara umum bahwa makan dua alpukat atau lebih per minggu bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan jantung koroner.

Studi dilakukan dengan menganalisis data yang terkumpul dari Nurses' Health Study (68.000 wanita) dan dari Health Professionals Follow-up Study (41.000 pria).

Baca Juga: Bagaimana Mengontrol Gairah saat Sedang Puasa Ramadan?

Semua data menjelaskan bahwa subjek penelitian tidak memiliki penyakit kanker, jantung koroner, dan stroke.

Diet dinilai menggunakan kuesioner pada awal studi. Setelahnya, kuesioner diberikan secara berkala setiap empat tahun sekali.

Sebanyak 14.274 kasus insiden penyakit kardiovaskular - termasuk 9.185 kejadian penyakit jantung koroner dan 5.290 stroke - didokumentasikan selama 30 tahun masa observasi.

Baca Juga: Menggosok Gigi Saat Puasa, Ini Penjelasan UAS

Setelah menyesuaikan gaya hidup dan faktor diet lainnya, responden studi yang makan alpukat dua kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 16% lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dan 21% lebih rendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan mereka yang tidak makan alpukat.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Makanan Ini Bisa Tangkal Flu

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:05 WIB

Kenapa Ada Orang Merasa Kesepian?

Minggu, 19 Juni 2022 | 07:37 WIB

Pria Homoseksual Rentan Terinfeksi Cacar Monyet

Senin, 6 Juni 2022 | 11:11 WIB

Sakit Kepala? Bumbu Masak Ini Bisa Jadi Obat

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:36 WIB
X