JCH Diminta Waspadai Suhu Tubuh Naik, Bisa Picu Heat Stroke

- Rabu, 8 Juni 2022 | 11:43 WIB
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)

Jamaah calon haji (JCH) diharapkan mewaspadai heat stroke yang ditandai dengan peningkatan suhu tubuh terutama pada saat melakukan kegiatan di luar ruang dengan kondisi cuaca panas yang ekstrem.

"Kami mengingatkan para calon haji untuk mewaspadai heat stroke, yaitu suatu kondisi kegawatdaruratan yang ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat Celcius dan adanya gangguan pada sistem saraf," ucap dokter spesialis saraf dr Untung Gunarto Sp.S. MM.

Hal tersebut disampaikan mengingat kondisi cuaca di Tanah Suci beberapa hari terakhir ini berkisar antara 30-43 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban rata-rata sekitar delapan persen.

Dia menjelaskan, dalam kondisi cuaca yang ekstrem dikhawatirkan terjadi peningkatan produksi panas serta terjadi kegagalan proses dalam tubuh untuk mengendalikan panas tersebut.

"Heat stroke ini lebih banyak disebabkan adanya peningkatan produksi panas akibat aktivitas fisik yang berlebihan dan penurunan kemampuan untuk beradaptasi dengan iklim, terutama pada lansia yang biasanya mengalami penurunan kemampuan dalam respons adaptasi terhadap kondisi lingkungan," katanya.

Seperti dilansir Antara, Dokter Untung menambahkan heat stroke juga berkaitan dengan kebutuhan air dalam tubuh dan respons fisiologis yang sesuai terhadap cuaca panas.

"Heat stroke merupakan kondisi cidera panas yang paling serius dan dapat menyebabkan kematian. Heat stroke ini bisa terjadi karena kegagalan proses pengendalian panas dan kegagalan sistem jantung serta pembuluh darah tubuh kita, seseorang bisa saja terserang heat stroke walau kondisi sehat," katanya.

Untuk itu, kata dia, penting untuk memperbanyak konsumsi air guna meminimalisasi risiko dehidrasi dan heat stroke.

"Calon haji perlu memperbanyak konsumsi air guna menghindari dehidrasi saat melakukan rangkaian ibadah di Tanah Suci," katanya. *

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berapa Suhu Terbaik untuk AC?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Bagaimana Menurunkan Angka Stunting?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:55 WIB

Tiga Jus Ini Dinilai Cepat Turunkan Kolesterol

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:09 WIB

Bagaimana Cara Tubuh Menyembuhkan Diri Sendiri?

Selasa, 26 Juli 2022 | 08:50 WIB

Cegah Demensia, Yok, Rajin Membaca dan Melukis!

Senin, 25 Juli 2022 | 06:15 WIB

Literasi Gizi Keluarga Cegah Stunting

Senin, 11 Juli 2022 | 19:47 WIB

Berikut Tips Menyimpan Daging Agar Tahan Lama

Kamis, 7 Juli 2022 | 06:59 WIB

Makanan Ini Bisa Tangkal Flu

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:05 WIB
X