Literasi Gizi Keluarga Cegah Stunting

- Senin, 11 Juli 2022 | 19:47 WIB
Tri Indah Kusumawati, SS, M.Hum. (istimewa)
Tri Indah Kusumawati, SS, M.Hum. (istimewa)

Oleh: Tri Indah Kusumawati, M.Hum, Dosen UIN Sumatera Utara

Literasi dipahami sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) online yang diakses pada 2020, literasi merupakan kemampuan individu dalam mengelola informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Artinya literasi tidak dipandang hanya sebagai kemampuan membaca dan menulis saja, lebih dari itu. Literasi dipahami sebagai pengelolaan informasi yang didapat untuk dipergunakan dengan efektif sebagi suatu cara agar dapat memahami setiap tindakan yang akan diambil untuk kemudahan hidup setiap individu.

Literasi kesehatan tidak terlepas dari peran individu itu sendiri dan lingkungan sosial yang mampu mendukung keputusan individu. Diketahui, individu merupakan unit terkecil yang akan memberi sumbangan terhadap literasi kesehatan.

Literasi sendiri dipengaruhi oleh pendidikan. Jadi, dalam literasi kesehatan, ia akan dipengaruhi oleh lingkungan, budaya, serta berbagai latar belakang yang berhubungan dengan kesehatan.

Faktor lain selain individu dalah lembaga sekitar khususnya pemerintah yang bertanggung jawab atas kesejahteraan rakyatnya kemudian hal ini didorong oleh lembaga kesehatan yang melaksanakan tugasnya.

Literasi kesehatan memperbolehkan pertukaran informasi dan memberi ruang yang cukup bagi terjadinya saling tukar informasi. Minat membaca, menulis dan memahami numerik meningkat seiring dengan kompleksitas pelayanan kesehatan, serta perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Artikel Terkait

Terkini

Kepri Belum Ditetapkan Sebagai Wilayah Endemi

Rabu, 25 Januari 2023 | 09:36 WIB

Waspada! Nitrogen pada Cikibul Berbahaya bagi Tubuh!

Selasa, 17 Januari 2023 | 09:44 WIB

Lato-Lato Dinilai Dapat Melatih Motorik Anak

Sabtu, 7 Januari 2023 | 10:02 WIB

Bolehkah Olahraga saat Kondisi Tubuh Kurang Sehat?

Senin, 12 Desember 2022 | 09:38 WIB

Masker Tak Wajib Dipakai dalam Penerbangan Malaysia

Jumat, 30 September 2022 | 07:38 WIB

Berikut Pemanis Alami yang Menyehatkan

Senin, 26 September 2022 | 08:35 WIB

Pakar: Air Sangat Penting untuk Tubuh

Kamis, 22 September 2022 | 08:43 WIB

WHO Prediksi Fase Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

Rabu, 21 September 2022 | 10:36 WIB
X