Orang Positif Covid-19 Merasa Membaik Setelah Minum Air Kelapa? Ini Penjelasan Dokter

- Selasa, 13 Juli 2021 | 11:18 WIB
Kelapa Muda. (internet)
Kelapa Muda. (internet)

Mengapa orang positif covid-19 ada yang merasa kondisi badannya lebih baik setelah meminum air kelapa muda?

"Jadi jika orang merasa lebih baik, sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subjektif dan kita harus melihatnya secara komprehensif," kata Dokter spesialis gizi klinis dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, dikutip dari Republika.co.id, Selasa (13/7).

Juwalita mengatakan, kemungkinan orang yang merasa lebih baik setelah meminum air kelapa telah menjalankan pengobatan yang dianjurkan. Pengobatan dari dokter memang tak bersifat spesifik terhadap covid-19, melainkan suportif.

Selain itu, menurut Juwalita, orang positif covid-19 juga menjalani diet seimbang yang sifatnya mendukung penyembuhan. Kemungkinan, konsumsi air kelapa memberi sugesti positif pada orang yang mengoonsumsinya.

"Semua yang sifatnya sugesti positif terhadap tubuh kita bisa membawa dampak yang baik juga,” kata Juwalita yang praktik di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Dari segi komposisi, air kelapa memiliki isi 94 persen air. Sementara, lima persennya adalah karbohidrat yang terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Lalu, sekitar 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak.

Selanjutnya, air kelapa mengandung vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9 alias Folat. Juwalita menyebut, vitamin B, terutama B6 dan folat, memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan.

Hanya saja, sistem imunitas manusia sebetulnya sangat kompleks atau rumit. Mulai dari luar seperti kulit, saluran pernapasan, bulu-bulu getar di saluran pernapasan, masuk lagi ke dalam ada sel-sel imun yang melawan patogen atau penyebab penyakit.

Kemungkinan besar, menurut Juwalita, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari dukungan vitamin yang ada di dalamnya. Setidaknya, membantu memenuhi kebutuhan vitamin B.

"Kebetulan vitamin B itu memang banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh, jadi reaksi kimia di dalam tubuh itu banyak didukung oleh Vitamin B,” tutur Juwalita.

Selain itu, air kelapa memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi. Air kelapa juga mengandung kalium dan magnesium yang sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Hal ini kemungkinan juga terkait juga pada pencegahan penyakit komorbid pada Covid-19.

"Tetapi perlu diingat juga, tidak ada satu jenis makanan pun yang lebih unggul daripada makanan lainnya, dalam arti ketika mengonsumsi makanan dan minuman, kita harus tahu tujuan kita apa, mau memenuhi nutrisi yang mana," kata dia. *

(sumber: harianhaluan.com)

Editor: fery haluan

Terkini

Hidup Berdampingan dengan Pandemi? Ini Penjelasan Dokter

Minggu, 12 September 2021 | 12:58 WIB

Cobalah Jalan di Sekitar Rumah. Ini Manfaatnya

Selasa, 31 Agustus 2021 | 07:57 WIB

Bagaimana Cara Sederhana Hilangkan Stres dan Cemas?

Senin, 30 Agustus 2021 | 08:50 WIB

Pandemi, Air Kelapa Banyak Dicari

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 14:34 WIB

Konsumsi Ini untuk Paru-paru Kuat

Kamis, 26 Agustus 2021 | 14:36 WIB

Maag Itu Bukan Karena Telat Makan

Kamis, 26 Agustus 2021 | 08:27 WIB

Puasa Sunnah Bisa Sehatkan Tubuh. Ini Penjelasan Medis

Selasa, 24 Agustus 2021 | 08:21 WIB

Kerap Cemas Saat Pandemi?  Ini Cara Mengatasinya

Senin, 23 Agustus 2021 | 12:44 WIB

Jangan Sembarang Membuang Masker Bekas Pakai

Senin, 23 Agustus 2021 | 11:41 WIB

Apa Saja Jenis Minyak Goreng yang Dilarang Ahli Gizi?

Minggu, 22 Agustus 2021 | 08:24 WIB

Cuci Hidung dengan Larutan Garam. Ini Kata Ahli

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 09:27 WIB
X