Kabar Gembira! RS Awal Bros Batam Sukses Lakukan Operasi Bariatrik Pertama di Kepri

- Selasa, 20 September 2022 | 14:25 WIB
Foto pasien sebelum (kiri) dan sesudah operasi operasi bariatrik dan metabolik di Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam. (istimewa)
Foto pasien sebelum (kiri) dan sesudah operasi operasi bariatrik dan metabolik di Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam. (istimewa)

Batam (HK) - Kabar gembira! Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam kembali menghadirkan inovasi layanan dalam dunia kesehatan.

Kali ini, RSAB Batam sukses melakukan Operasi Bariatrik dan Metabolik yaitu suatu operasi untuk menurunkan berat badan pada pasien obesitas dan sekaligus membantu mengurangi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh obesitas seperti diabetes, hipertensi, sleep apnoe, arthritis sendi lutut dll dengan menggunakan teknik bedah minimal invasif laparoskopi. 

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Digestif RSAB Batam, dr. Suryatmoko, SpB-KBD, dalam keterangan persnya, Selasa (20/9/2022) mengatakan, pasien yang ditangani pihaknya mempunyai berat badan 118 kg dengan usia 32 tahun.

"Beliau mempunyai keluhan hipertensi, ditambah dengan beberapa keluhan lain, seperti sakit kepala, nyeri dada, dan nyeri lutut akibat obesitas yang dialaminya," ujar dr Suryatmoko.

Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam. (internet)

Pasien ini, lanjutnya, sudah mencoba melakukan program diet dan olahraga bertahun-tahun, namun gagal mencapai target berat badan dan bentuk tubuh ideal.

"Akhirnya beliau memutuskan untuk melakukan Laparoscopic Sleeve Bariatric Surgery atau Operasi Bedah Bariatrik di Rumah Sakit Awal Bros Batam,” ucap dr. Suryatmoko menjelaskan.

Dia mengatakan, tindakan Operasi Bedah Bariatrik dilakukan oleh Tim Bariatrik yang terdiri dari Dokter Spesialis Bedah Konsultan Digestif, Bedah Umum, Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Gizi Klinik, Penyakit Dalam Konsultan Gastro Enterologi Hepatologi, serta beberapa Dokter Spesialis lain sesuai masalah kesehatan yang dimiliki.

Untuk operasi itu, persiapan matang secara fisik dan mental dilakukan dengan penuh kehati-hatian secara interdisipliner untuk meminimalisir risiko operasi, serta mempersiapkan pasien dalam masa transisi ke pola hidup yang jauh lebih sehat.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Pemanis Alami yang Menyehatkan

Senin, 26 September 2022 | 08:35 WIB

Pakar: Air Sangat Penting untuk Tubuh

Kamis, 22 September 2022 | 08:43 WIB

WHO Prediksi Fase Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

Rabu, 21 September 2022 | 10:36 WIB

Terjangkit Cacar Monyet? Berikut Syarat Isoman

Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:13 WIB

Sudah Ada 23 Suspek Cacar Monyet di Indonesia

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 11:13 WIB

Dokter Gigi Sangat Dibutuhkan di Indonesia

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 16:17 WIB

Benarkah Metode Persalinan Lotus Birth Lebih Efektif?

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:06 WIB

Berapa Suhu Terbaik untuk AC?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 17:57 WIB
X