Kasus Covid-19 Turun, Wamenkes: Jangan Terlena

- Rabu, 8 September 2021 | 10:29 WIB
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)


Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, meminta masyarakat tidak terlena dan melonggarkan protokol kesehatan setelah kasus covid-19 mengalami penurunan.

“Kita sudah melewati masa puncak kasus konfirmasi, kasus perawatan di rumah sakit dan kasus kematian di rumah sakit saat eskalasi beberapa waktu yang lalu,” kata Wamenkes Dante, dalam keterangan persnya, Rabu (8/9/2021).

Wamenkes mengungkapkan momentum penurunan kasus ini akan digunakan pemerintah untuk memperkuat ketahanan medis. Sebab, di beberapa daerah masih terdapat infrastruktur medis yang masih minim. Oleh karena itu, perlu peningkatan baik dari segi kapasitas maupun kapabilitas yang dimiliki.

Baca Juga: Motor Hasil Curian Dicincang dan Dijual di FJB, Tiga Pelaku Diringkus

Ia mengingatkan bahwa kabar baik ini tak lantas menurunkan kewaspadaan pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi covid-19. Sebab, di beberapa negara ASEAN seperti Malaysia, Filipina dan Vietnam masih mencatatkan kenaikan kasus yang tinggi.

Bahkan, kenaikan kasus juga dialami oleh negara-negara cakupan vaksinasinya tinggi seperti di Amerika Serikat, Inggris dan Israel. Hal ini disebabkan mulai menurunnya ketaatan dalam menjalankan protokol kesehatan, karena merasa sudah dilakukan vaksinasi.

Baca Juga: Lapas I Tangerang Kebakaran, 41 Orang Meninggal Dunia

Wamenkes kembali menekankan bahwa vaksinasi bukan merupakan game changer, tetapi merupakan salah satu komponen yang penting untuk dilakukan.

Vaksinasi harus berjalan beriringan dengan peningkatan tes epidemologi, peningkatan rasio kontak erat yang dilacak, pengetatan protokol kesehatan serta pelaksanaan PPKM level 1-4 sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran dan perluasan covid-19.

Baca Juga: Lapas Kelas I Tangerang Kebakaran, 81 Orang Luka

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Nyam-Nyam! Solok Selatan Sumbar Panen Durian!

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:45 WIB

Achmad Yurianto Wafat karena Kanker Usus

Minggu, 22 Mei 2022 | 08:59 WIB

Sahabat UAS Pekanbaru Gelar Aksi Damai

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:32 WIB

Perubahan Warna Pelat Nomor Kendaraan Gratis

Kamis, 19 Mei 2022 | 11:50 WIB

Soal UAS di Singapura, Ini Penjelasan Dubes

Selasa, 17 Mei 2022 | 13:50 WIB
X