Komnas HAM Minta Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Diusut

- Kamis, 9 September 2021 | 13:41 WIB
(pikiran-rakyat.com)
(pikiran-rakyat.com)

Kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang pada, Rabu (8/9/2021) dinihari mengakibatkan puluhan warga binaan di lapas itu meninggal dunia.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut peristiwa kebakaran yang terjadi di Blok C2 lapas itu adalah masalah kemanusiaan. Selain itu, lapas tersebut sudah kelebihan kapasitas bahkan mencapai 400 persen.

Baca Juga: Korban Kebakaran Lapas Tangerang Kembali Bertambah

"Ini sebenarnya adalah tragedi. Ada 41 orang yang meninggal dunia. Lalu, lapas di Indonesia itu overcapacity dan itu persoalan yang sistemik," ujar Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik pada, Kamis (9/9/2021).

Taufan meminta semua pihak terkait bisa mengusut tuntas kasus ini karena menyangkut masalah kemanusiaan. Terlebih lagi usia lapas yang sudah tua. Namun, sejak pertama kali dibangun belum ada pembenahan instalasi listrik. Dugaan kuat penyebab kebakaran adalah karena adanya konsleting listrik.

Baca Juga: Mengenaskan! Napi Saksikan Temannya Meninggal Saat Lapas Tangerang Terbakar

"Kami minta untuk melakukan satu penyidikan yang lebih mendalam, lebih objektif, dan transparan sehingga semua masyarakat ini tau apa yang sebetulnya terjadi," ujar Taufan.

Untuk investigasi tersebut, dia meminta Kapolda Metro Jaya untuk mencari penyebab pasti dari kebakaran tersebut meskipun bukti yang ada merujuk pada permasalahan listrik.

"Kalau soal investigasi yang lebih dalam tentu kita sudah kontak juga dengan Kapolda untuk benar-benar melakukan satu penyidikan serius, mendalam untuk mencari penyebab, kenapa ini bisa terjadi," tutur Taufan.*

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

PPKM di Jawa-Bali Diperpanjang Lagi

Selasa, 21 September 2021 | 08:04 WIB

Waduh! Agen Travel Pernah Tipu Ronaldo Rp 4,8 Miliar

Selasa, 21 September 2021 | 06:46 WIB

Jendela Hati

Sabtu, 18 September 2021 | 19:32 WIB

Atta Halilintar Polisikan Savas Fresh. Ini Alasannya

Sabtu, 18 September 2021 | 15:39 WIB

Waduh! Pria Ini Kuras Uang dari ATM yang Tertinggal

Jumat, 17 September 2021 | 20:11 WIB
X