Berurai Air Mata! Ikut Tes di Usia Senja, Guru Honorer Ini Tak Lulus Tes Berbasis Komputer PPPK

- Jumat, 17 September 2021 | 10:42 WIB
Surat terbuka untuk Mendikbud dari pengawas ruangan ujian PPK yang diposting di media sosial
Surat terbuka untuk Mendikbud dari pengawas ruangan ujian PPK yang diposting di media sosial

Kisah seorang guru honorer berusia 57 tahun viral setelah ia dinyatakan tidak lulus dalam tes seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Guru honorer tersebut menjalani tes untuk menjadi guru dengan status PPPK dari Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Menurut pengawas ruangan, lelaki itu gagal dalam tes berbasis komputer karena tidak mencapai ambang batas yang ditentukan.

Novi Khasiffa yang saat itu menjadi pengawas ruang tes merasa prihatin melihat kondisi tersebut. Ia kemudian menulis surat terbuka melalui akun facebooknya yang ditujukan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendisbudristek), Nadiem Makarim, atau yang biasa disapa Mas Menteri.

"Yang terhormat, Mas Menteri, Nadiem Makarim. Tak ada rasa ngilukah di dalam dada mas menteri melihat sepatu tua yang lusuh ini?" tulis wanita tersebut mengawali suratnya.

"Tahun ini Mas Menteri memberikan secercah harapan untuk beliau. Program PPPk untuk memberikan harapan kehidupan yang lebih layak," tulisnya.

Ia mengaku menulis surat terbuka itu sambil berurai air mata teringat raut kekecewaan guru honorer saat melihat hasil tes di layar komputer.

Novi Khassifa menulis bahwa soal-soal PPPK hanya sekadar teori, sebab tidak sebanding dengan praktik pengabdian guru honorer berpuluh-puluh tahun lamanya.

Surat terbuka itu menjelaskan bahwa guru honorer yang mendekati usia senja mengalami kesulitan untuk mengoperasikan komputer. Dampaknya guru honorer yang bersangkutan tidak dapat mencapai passing grade.

"Tetapi tahukah Mas Menteri? Soal-soal yang Mas Menteri berikan hanya teori belaka saja. Tak sebanding dengan praktik pengabdian berpuluh-puluh tahun lamanya," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

KPK: Dodi Reza Alex Minta Jatah Proyek

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:09 WIB

Lapor Polisi jika Diteror dan Diancam Pinjol Ilegal!

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:45 WIB

Korban Gempa Bali, 3 Meninggal dan 7 Luka Berat

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Anies: Kita Siap Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:17 WIB

Bupati Musi Banyuasin Dikabarkan Kena OTT KPK

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:20 WIB

Horeee...Gaji PNS Naik 2022? Yuk Intip Bocorannya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:20 WIB

Mayat Lelaki Ditemukan di Kursi Tamu Dalam Rumahnya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:41 WIB

Terpopuler

X