Jangan Bingung, Begini Cara Mudah Pendaftaran Vaksin Covid-19 Lewat Aplikasi

- Jumat, 17 September 2021 | 14:44 WIB
Tampilan Aplikasi Peduli Lindungi
Tampilan Aplikasi Peduli Lindungi

Pemerintah terus menggenjot program pemberian vaksin bagi masyarakat. Pendaftarannya pun kini dipermudah, cukup menggunakan aplikasi Peduli Lindungi yang bisa diinstal melalui ponsel pintar.

Dalam menyukseskan program ini, pemerintah juga menggandeng sejumlah pihak. Sehingga pihak negeri maupun swasta dapat menyediakan layanan kesehatan ini.

Pemberian vaksin hingga ke berbagai wilayah bertujuan untuk meningkatkan herd immunity atau kekebalan tubuh yang dirasakan oleh seluruh masyarakat. Diharapkan dengan adanya herd immunity,bisa memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap virus, terutama covid-19.

Bagi masyarakat yang belum mengikuti program vaksin tak perlu khawatir dan bingung lagi. Melalui aplikasi Peduli Lindungi milik pemerintah, masyarakat bisa mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin. Caranya cukup mudah.

  1. Bagi masyarakat yang belum memiliki aplikasi, dapat melakukan download melalui playstore bagi android atau apple store bagi pengguna iPhone.
  2. Setelah itu dapat melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.
  3. Masukkan data diri seperti nama lengkap, nomor telepon, nomor NIK pada KTP, serta alamat lengkap untuk melakukan pendaftaran.
  4. Lalu tunggu munculnya pesan berisi kode OTP pada HP milik Anda, setelah muncul maka isikan pada kolom aplikasi yang tersedia.
  5. Setelah melakukan pendaftaran akun, kemudian pilih menu 'Pendaftaran Vaksin Covid-19'.
  6. Kemudian masukkan identitas lengkap mulai dari nama, tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon. Setelah itu klik menu 'Selanjutnya'.
  7. Maka Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari pihak aplikasi, nantinya konfirmasi tersebut akan memuat informasi seperti tempat, jadwal, dan dosis vaksin yang akan dilakukan oleh Anda.

Sebelumnya telah terdapat 7 jenis vaksin di Indonesia yaitu AstraZeneca, Sinovac, Moderna, Sinopharm, Bio Farma, Sputnik V, dan Pfizer. Namun jumlah tersebut terus ditambah oleh pemerintah.

Belum lama ini pemerintah resmi menyediakan 2 vaksin baru yaitu Convidecia dan Johnson and Johnson yang diketahui telah berada di Indonesia dan siap untuk disebarkan.

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

KPK: Dodi Reza Alex Minta Jatah Proyek

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:09 WIB

Lapor Polisi jika Diteror dan Diancam Pinjol Ilegal!

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:45 WIB

Korban Gempa Bali, 3 Meninggal dan 7 Luka Berat

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Anies: Kita Siap Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:17 WIB

Bupati Musi Banyuasin Dikabarkan Kena OTT KPK

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:20 WIB

Horeee...Gaji PNS Naik 2022? Yuk Intip Bocorannya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:20 WIB

Mayat Lelaki Ditemukan di Kursi Tamu Dalam Rumahnya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:41 WIB

Terpopuler

X