Jendela Hati

- Sabtu, 18 September 2021 | 19:32 WIB
H. Muhammad Nasir. (istimewa) (H. Muhammad Nasir. (istimewa))
H. Muhammad Nasir. (istimewa) (H. Muhammad Nasir. (istimewa))

Oleh: H. Muhammad Nasir. S.Ag., MH, Kakan Kemenag Lingga

Dalam hadits riwayat at-Tarmidzi, Rasulullah bersabda, “Ketika cahaya telah masuk di dalam hati maka (hati itu) akan menjadi luas dan lapang.”

Para sahabat bertanya, “Apa tandanya, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Al-inabah ila dar al-khulud, wa at-tajafa‘an dar al-ghurur, wa al-isti’dad lil maut qabla nuzulih.” Yakni, kembali ke negeri keabadian (akhirat), menjauh dari negeri ketertipuan (dunia), dan bersiap-siap menjemput kematian sebelum datang kematian itu.

Kemudian dalam kesempatan lain Rasulullah SAW bermunajat: "Ya Allah terangilah hati kami dengan cahaya petunjuk-Mu, seperti Engkau menyinari alam semesta ini selamanya dengan sang surya dan rahmat-Mu"

Satu unsur penting yang sangat fundamental dalam diri manusia adalah hati. Dalam istilah psikologi disebut juga dengan jiwa. Dalam jiwa inilah manusia merasakan indahnya nilai dan makna hidup. Nilai ini sering juga disebut dengan ruh, spirit dan dalam kata lain selalu disebut sebagai spiritual. Aktualitas spiritual akan berwujud dalam bentuk budi pekerti atau akhlak. Implikasi akhlak yang baik atau buruk bermula pada hati. Dalam hati itulah terdapat relung yang menjadi celah untuk saling mempengaruhi antara sifat baik dan sifat buruk atau jahat.

Relung batin demikian yang kemudian kita disebut sebagai jendela hati. Jendela hati manusia dapat tertutup rapat dan dapat pula terbuka lebar. Kondisi ini sangat ditentukan oleh pengaruh dari dalam dan dari luar diri manusia itu sendiri.

Memang hati manusia sangat sulit diduga dan diketahui, namun dapat mempengaruhi segala perilaku dan aktivitas sendi-sendi kehidupan sosial di lingkunganya. Ini disebabkan karena hati tidak bisa berdiri sendiri tetapi ditentukan juga oleh fikiran rasional sebagai pengendali sikap dan perilaku manusia.

Walaupun hati sulit ditebak, tetapi pintu masuk ke dalamnya dapat diketahui. Pintu itulah yang kita sebut sebagai jendela hati tempat masuknya kekuatan spiritual yang muncul dari jiwa yang telah melalui proses yang panjang yaitu pelatihan ruhaniah, riyadhah dan ibadah sebagaimana yang sudah dikaji oleh para ulama sufi dan para cendekiawan muslim terutama bagi mereka yang konsen pada pembinaan akhlak seperti al-Ghazali, Ibn Maskawaih dan Ibnu Qayyim dan yang lainnya ( Siagian : 2018 ).

Mata adalah lentera hati, (Prof. Dr. Qurays Shihab : 2007), dan hati adalah jiwa syahadah yang amat luas dan sering juga disebut dengan qalbu. Dalam qalbu bersemayam rasa, cinta dan semangat keimanan dan keyakinan. Sebab itu qalbu perlu selalu diasah, dilatih dan disirami dengan kalimatun thayyibah seperti zikir, doa dan muhasabah dan proses yang paling efektif adalah dengan amaliyah dan ibadah. Melalui amaliyah dan ibadah akan menambah cemerlangnya sinar cahaya jiwa manusia. Hal itu akan memudahkan manusia untuk tampil dalam hidup ini tanpa beban. Hilangnya rasa takut kepada makhluk berganti dengan jubah cinta, yang memandang dunia sekitarnya dengan tanggung jawab ruhani yang luhur. Ketika itulah terbukanya jendela hati manusia dengan sempurna. Sehingga manusia akan bersikap pesimis dalam langkah hidupnya, mampu mengambil hikmah dari jejak kehidupan untuk menatap perjalanan panjang dan tak berujung. Kegalauan dirinya, dosa-dosanya, dia akui dan telanjangi di hadapan Sang kekasih (Allah SWT) sebagai pengakuan yang jujur. Bigitulah jika jendela hati sudah terbuka, manusia dengan mudah menerima kebenaran, memilah kebatilan dan melaksanakan kebaikan.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

KPK: Dodi Reza Alex Minta Jatah Proyek

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:09 WIB

Lapor Polisi jika Diteror dan Diancam Pinjol Ilegal!

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:45 WIB

Korban Gempa Bali, 3 Meninggal dan 7 Luka Berat

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Anies: Kita Siap Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:17 WIB

Bupati Musi Banyuasin Dikabarkan Kena OTT KPK

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:20 WIB

Horeee...Gaji PNS Naik 2022? Yuk Intip Bocorannya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:20 WIB

Mayat Lelaki Ditemukan di Kursi Tamu Dalam Rumahnya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:41 WIB

Terpopuler

X