Mau Selenggarakan Acara Besar? Ini Pedoman Agar Tidak Menyebarkan Covid-19

- Jumat, 24 September 2021 | 08:19 WIB
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)

 

Satgas Penanganan Covid-19 memberikan pedoman penyelenggaraan kegiatan maupun pertemuan besar. Dalam hal ini baik sebelum, saat, dan sesudah acara berlangsung.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, hal yang perlu dilakukan adalah edukasi kesehatan yang cukup bagi seluruh partisipan. Selain itu juga memastikan partisipan memiliki pemahaman yang sama khususnya dalam mencegah penularan.

“Kemudian menyusun pedoman pelaksanaan acara yang telah dilengkapi rencana kontijensi. Misalnya melarang partisipan yang positif selama rangkaian acara melanjutkan aktivitasnya dan harus segera dirujuk di area khusus karantina atau isolasi yang telah disediakan,” katanya dikutip dari kanal Youtube BNPB, (24/9/2021).

Baca Juga: Pemko Batam Hapus Denda Pajak Bagi Pelaku Usaha

Selain itu juga harus dipastikan adanya fasilitas dan sarana prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan. Misalnya, tata letak acara yang memudahkan partisipan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

“Kemudian membuat panitia khusus yang bertanggung jawab menegakkan protokol kesehatan oleh partisipan secara menyeluruh.Kemudian membangun kemitraan dengan pemerintah dan fasilitas kesehatan setempat, khususnya kesiapan menghadapi jika terjadi kemunculan banyak kasus,” tuturnya.

Selanjutnya pedoman saat acara berlangsung yang harus diperhatikan adalah mengikuti perkembangan kasus covid-19 secara aktual. Khususnya data daerah di mana acara berlangsung.

“Memastikan skrining kesehatan dilakukan tepat sebelum acara berlangsung. Misalnya penggunaan metode screeining yang dapat menyesuaikan situasi dan kondisi di daerah masing-masing. Termasuk pemeriksaan suhu tubuh secara harian,” ujarnya

Lalu juga harus dipastikan alat atau material kesehatan pendukung cukup dan mudah terakses saat acara. Misalnya hand sanitizer atau sabun cuci tangan dan masker.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Terkini

Puluhan Rumah Rusak Akibat Angin Kencang di Sukabumi

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:05 WIB

KPK: Dodi Reza Alex Minta Jatah Proyek

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:09 WIB

Lapor Polisi jika Diteror dan Diancam Pinjol Ilegal!

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:45 WIB

Korban Gempa Bali, 3 Meninggal dan 7 Luka Berat

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Anies: Kita Siap Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:17 WIB

Bupati Musi Banyuasin Dikabarkan Kena OTT KPK

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:20 WIB

Terpopuler

X