Staf Presiden Apresiasi Pengembangan Pendidikan Vokasi di SMTI Padang

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:17 WIB
Tim Kantor Staf Presiden Republik Indonesia bagian ketenagakerjaan mengunjungi SMK SMTI Padang, di Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Jumat (22/10/2021).
Tim Kantor Staf Presiden Republik Indonesia bagian ketenagakerjaan mengunjungi SMK SMTI Padang, di Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Jumat (22/10/2021).

PADANG (HK)-Tim Kantor Staf Presiden Republik Indonesia bagian ketenagakerjaan mengunjungi SMK SMTI Padang, di Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Jumat, 22 Oktober 2021. Kunjungan ini dalam bentuk keinginan presiden Republik Indonesia Jokowi Dodo untuk mendorong pendidikan Vokasi.

Hal itu pun tertuang dalam visi misi Presiden, yang ingin terjadinya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Fadjar Dwi Wishnu Wardhana Ketua Tim Kantor Staf Presiden Bagian Ketenagakerjaan mengatakan di priode kedua ini Presiden Jokowi Dodo sangat fokus pada pendidikan dan pelatihan Vokasi, terkait hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana menyiapkan sumber daya manusia yang bisa mendukung industri dan kecepatan mendorong peningkatan pendidikan vokasi.

"Kami kira dalam konteks dan arahan presiden yang sangat menginginkan pengembangan Sumber daya manusia, SMK SMTI Padang adalah salah satu keunggulan dari pelaksanaan vokasi yang ada di Indonesia," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, setelah mengunjungi kemampuan pelaksanaan pendidikan vokasi dan juga mendapat informasi sejauh mana proses penempatan lulusan bekerja di industri yang dilakukan SMK SMTI Padang, kami sangat apresiasi dan selanjutnya kami berharap SMK SMTI Padang semakin berkembang dan ke depan penghargaan dari industri semakin besar.

"Tentu keberadaan kami di KSP sedikit banyak bisa manfaatkan untuk mendorong lebih jauh pengembangan SMK pendidikan dan pelatihan Vokasi," katanya.

Sementara itu, Kepala SMK SMTI Padang Zulhaida mengatakan untuk menyiapkan SDM unggul dan kompeten, salah satu program unggulan vokasi yang dilaksanakan adalah kerjasama industri dalam bentuk kegiatan prakerin, magang siswa dan guru di industri.

Kegiatan FGD sinkronisasi kurikulum yang link and match dengan industri, mendatangkan guru tamu silver expert dari industri, kegiatan FGD, Forum asosiasi industri, dan rekrutmen calon lulusan oleh industri yang dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (MoU).

"Dalam proses pelaksanaan vokasi, SMK SMTI Padang menyiapkan lulusan dengan penguatan kompetensi melalui ketuntasan pembelajaran praktik, uji kompetensi di LSP P1 yang dimiliki SMK SMTI Padang serta banyaknya pelatihan2 yang mendukung kompetensi lulusan seperti pelatihan HSE, pelatihan AMT, pelatihan etika dan strategi memasuki dunia kerja, serta kursus bahasa Inggris dan Toeic untuk mendapatkan sertifikat kompetensi bahasa Inggris," ucap Zulhaida.

Halaman:

Editor: Ilham Sijori

Tags

Terkini

Sejumlah Warga Belum Ditemukan Pasca Erupsi Semeru

Minggu, 5 Desember 2021 | 21:10 WIB

Guguran Awan Panas Gunung Semeru Masih Terjadi

Minggu, 5 Desember 2021 | 16:24 WIB

Piala AFF 2020 Resmi Bergulir, Ini Jadwal Hari Ini

Minggu, 5 Desember 2021 | 15:21 WIB

Lagi, Gunung Semeru Muntahkan Guguran Awan Panas

Minggu, 5 Desember 2021 | 15:02 WIB

Gunung Semeru Erupsi, Rumah Warga Luluh Lantak

Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:07 WIB

Sehari Sebelum Erupsi, Status Semeru Masih Level II

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:58 WIB

Semeru Erupsi, Listrik di Wilayah Lumajang Padam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:20 WIB

Gunung Semeru Meletus, Sore di Lumajang Seperti Malam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:10 WIB

Polisi Selidiki Kebakaran Gedung Cyber 1 Mampang

Jumat, 3 Desember 2021 | 11:01 WIB
X