Miliarder Arab Saudi Ini Pilih Hidup Miskin

- Selasa, 9 November 2021 | 13:28 WIB
Sulaiman Abdul Aziz Al Rajhi (kanan) menyumbangkan seluruh hartanya untuk amal. (internet)
Sulaiman Abdul Aziz Al Rajhi (kanan) menyumbangkan seluruh hartanya untuk amal. (internet)

Seorang miliarder Arab Saudi memilih hidup miskin dan mengamalkan hartanya. Dia adalah Sulaiman Abdul Aziz Al Rajhi. Miliarder asal Arab Saudi yang pernah masuk daftar orang terkaya versi Forbes tahun 2015.

Kala itu, kekayaannya mencapai USD2,1 miliar atau setara dengan Rp29,8 triliun (kurs Rp14.200 per USD). Namun, dia sudah terdepak dari daftar orang terkaya versi Forbes pada tahun 2016.

Baca Juga: Korupsi Pengaturan Cukai Bintan, KPK Panggil Enam Saksi

Melansir Forbes, Sulaiman Abdul Aziz Al Rajhi merupakan pendiri Al Rajhi Bank. Dia tidak datang dari latar belakang keuangan dan pendidikan yang berkecukupan. Banyak pekerjaan telah dilakoninya untuk bertahan hidup.

Baca Juga: Jelang Nataru, Disperindag Batam Diminta Pantau Harga Sembako

Sejak usianya sembilan tahun, dia sudah mulai bekerja sebagai porter yang membawa barang belanjaan para pengunjung pasar Al Khadra Riyadh. Setelahnya, saat usianya 12 tahun, Sulaiman bekerja sebagai pengumpul kurma.

Tidur di atas kerikil dan mengenakan pakaian yang sama terus menerus merupakan kebiasannya sehari-hari. Kemudian, Sulaiman mulai bekerja sebagai koki di salah satu hotel di Riyadh, menjadi penjual minyak, hingga membuka toko kelontongnya sendiri.

Baca Juga: Jangan Tunda Waktu untuk Membayar Utang


Sulaiman juga sempat bekerja di perusahaan pertukaran mata uang yang dimiliki saudaranya, Saleh Al Rajhi, sebelum bekerja sama mendirikan cabang baru perusahaan tersebut pada 1956.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Perubahan Warna Pelat Nomor Kendaraan Gratis

Kamis, 19 Mei 2022 | 11:50 WIB

Soal UAS di Singapura, Ini Penjelasan Dubes

Selasa, 17 Mei 2022 | 13:50 WIB

Fadli Zon Kecam Perlakuan Terhadap UAS

Selasa, 17 Mei 2022 | 12:40 WIB
X