Hati-hati! Tren 'Add Yours' Instagram Jadi Celah Modus Penipuan Terbaru

- Selasa, 23 November 2021 | 16:25 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

KEPRI.HARIANHALUAN – Tren Add Yours di Instagram tengah digandrungi para pengguna sosiall media saat ini. Fitur ini menawarkan stiker interaktif di Instagram Stories yang bisa membuat pengguna Instagram mengikuti tren pada topik konten tertentu.

Fitur itu memungkinkan pengguna untuk memilih topik yang disediakan Instagram atau membuat sendiri topik untuk bahan berbagi.

Namun baru-baru ini terungkap bahwa fitur tersebut menjadi celah modus baru dalam penipuan. Hal ini terungkap melalui curhatan akun @ditamoechtar yang menceritakan temannya telah menjadi korban penipuan setelah melakukan challenge Instagram menggunakan fitur 'Add Yours'.

Dita menceritakan, bahwa pagi-pagi ia ditelfon oleh rekannya sambil menangis karena telah ditipu. Rekannya menjadi korban penipuan karena diminta untuk mentransfer uang ke rekening tertentu. Rekannya percaya lantaran penipu memanggilnya dengan nama panggilan akrab.

Yang bikin temen saya percaya, si penipu manggil dia "pim". "Pim" adalah panggilan kecil teman saya, yang hanya orang dekat yang tahu. Terus dia inget dia abis ikutan (challenge Add Yours)," ujar Dita lewat twitternya, Selasa (23/11).

Usut punya usut, panggilan Pim itu digunakan penipu setelah melihat Instagram Stories korban. Dita menjelaskan, temannya baru saja mengikuti challenge Instagram 'Add Yours' "Variasi Panggilan Nama Kamu".

Dalam challenge tersebut, temannya mengungkap beragam nama panggilan, termasuk Pim. Hal itulah yang dimanfaatkan oleh si penipu untuk melancarkan aksinya.

Challenge kayak gini gak perlu selalu diikutin gaes,” tulis Dita

Cuitan Dita di twitter tersebut sudah di retweet lebih dari 17ribu kali. Warganet pun membanjiri kolom komentar dengan berbagai reaksi.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Banjir Makassar, Ribuan Bangunan Terendam

Rabu, 8 Desember 2021 | 14:43 WIB

Lima Meninggal Dunia Saat Rumah Dilalap Api

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:16 WIB

Semeru Kembali Erupsi Rabu Dinihari Tadi

Rabu, 8 Desember 2021 | 08:13 WIB

20 Gunung di Indonesia Alami Peningkatan Aktifitas

Selasa, 7 Desember 2021 | 12:00 WIB

Dua Jenazah Korban Erupsi Semeru Ditemukan

Senin, 6 Desember 2021 | 15:38 WIB
X