Banyaknya Gempa Susulan tidak Mengarah ke Gempa Besar

- Selasa, 18 Januari 2022 | 09:21 WIB
ilustrasi (internet)
ilustrasi (internet)

 

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan, banyaknya gempa susulan tidak berarti akan mengarah kepada kejadian gempa besar.

"Gempa susulan jika banyak terjadi tidak mengarah kepada kejadian gempa besar, tetapi meluruh dan tidak terjadi lagi," ujar Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, Senin (17/1/2022).

Dia menjelaskan, gempa susulan biasanya terjadi memiliki kekuatan atau magnitudo lebih kecil dari gempa utama. Gempa susulan juga akan semakin mengecil kekuatannya dan semakin jarang terjadi.

Baca Juga: Ngeri! Letusan Gunung Berapi Tonga Diperkirakan Setara 1.000 Kali Bom Hiroshima

"Jadi makin lama akan main mengecil kekuatannya dan makin jarang terjadi hingga kemudian stabil dan normal kembali," katanya.

Diketahui, Indonesia dalam beberapa waktu terakhir mengalami beberapa kali gempa bumi yaitu gempa bumi magnitudo 6,6 pada Jumat (14/1) yang memiliki episenter 53 kilometer barat daya Sumur di Kabupaten Pandeglang, Banten, dengan kedalaman 40 kilometer.

BMKG mencatat sampai esok harinya sampai dengan pukul 12.00 WIB terjadi 33 kali aktivitas gempa susulan usai gempa utama.

Baca Juga: Satelit Rekam Letusan Gunung Pemicu Tsunami di Tonga

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Landa Aceh M5,2 Tadi Malam

Kamis, 12 Mei 2022 | 09:00 WIB
X