Gempa M6,1 Guncang Melonguane Sulut, Ini Penjelasan BMKG

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:00 WIB
ilustrasi (internet)
ilustrasi (internet)

Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) pada pukul 09.26 WIB, tadi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, gempa ini berlokasi di laut pada jarak 34 km arah Selatan Melonguane dengan kedalaman 66 km.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,72° LU ; 126,78° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah Selatan Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 66 km," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno melalui keterangan resminya, Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: Ajaib! Pria Ini Selamat Usai 28 Jam Berenang Terseret Tsunami Tonga

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan bahwa gempabumi yang terjadi di Melonguane merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktifitas sesar. Hal itu dipastikan Bambang setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (oblique thrust)," bebernya.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Melonguane Talaud dengan skala III - IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Bambang memastikan bahwa gempa ini tidak menimbulkan tsunami. Hanya saja, terdapat laporan kerusakan di Pulau Kabaruan akibat gempa tersebut.

Baca Juga: Penting Diketahui! Laptop Harus Dikeluarkan Saat Pemeriksaan X-Ray di Bandara

"Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan di Desa Pangeran, Pulau Kabaruan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," jelasnya.*

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Orang Terjebak Banjir Rob di Semarang

Selasa, 24 Mei 2022 | 09:05 WIB

Nyam-Nyam! Solok Selatan Sumbar Panen Durian!

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:45 WIB

Achmad Yurianto Wafat karena Kanker Usus

Minggu, 22 Mei 2022 | 08:59 WIB

Sahabat UAS Pekanbaru Gelar Aksi Damai

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:32 WIB
X