Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat, Migrant Care Ungkap Dugaan Perbudakan Manusia

- Selasa, 25 Januari 2022 | 10:01 WIB
(pikiran-rakyat.com)
(pikiran-rakyat.com)


Temuan kerangkeng di rumah Bupati Langkat menyita perhatian publik. Migrant Care menduga ada pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilakukan oleh Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin. Dan melaporkannya ke kantor Komnas HAM, Senin, 24 Januari 2022.

Migrant Care menduga telah terjadi praktik perbudakan modern yang dilakukan bupati yang terjaring OTT KPK belum lama ini.

Dugaan praktik perbudakan modern ini berawal dari penemuan kerangkeng manusia di lahan belakang rumah Bupati Langkat, yang baru saja terjaring OTT KPK.

Baca Juga: Untuk Apa Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat?

Migrant care menduga Terbit Rencana Perangin-Angin telah mempekerjakan orang secara paksa dan dimasukan ke dalam kerangkeng.

Ketua Migrant Care Anis Hidayah mengatakan orang-orang yang berada di dalam kerangkeng itu dipekerjakan di perkebunan sawit milik Terbit Rencana. Setiap selesai bekerja di kebun, para pekerja kembali dimasukkan ke dalam kerangkeng. Tidak hanya itu, para pekerja juga kerap mendapatkan penyiksaan.

"Ada pekerja sawit yang bekerja di ladangnya, yang ternyata kita menemukan perlakuan tidak manusiawi, yang kita duga sebagai perbudakan modern dan perdagangan manusia," kata Ketua Migrant Care, Anis Hidayah.

Baca Juga: Dorce Gamalama Ungkap Ingin Berjumpa Orangtuanya

Pertama, Bupati Terbit membangun semacam penjara atau kerangkeng di dalam rumahnya. Kedua, penjara itu dipakai untuk menampung para pekerja mereka setelah mereka selesai bekerja. Ketiga, mereka tidak punya akses untuk ke mana-mana.

"Yang keempat, mereka mengalami penyiksaan. Dipukul, lebam dan luka," ujar Anis Kelima mereka diberi makan tidak layak, hanya dua kali sehari.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perubahan Warna Pelat Nomor Kendaraan Gratis

Kamis, 19 Mei 2022 | 11:50 WIB

Soal UAS di Singapura, Ini Penjelasan Dubes

Selasa, 17 Mei 2022 | 13:50 WIB

Fadli Zon Kecam Perlakuan Terhadap UAS

Selasa, 17 Mei 2022 | 12:40 WIB
X