HPN 2022, Momen Percepatan Rehabilitasi Mangrove di 9 Provinsi

- Kamis, 10 Februari 2022 | 19:13 WIB
(istimewa)
(istimewa)

Kendari (HK) - Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara menjadi momen penting bagi 9 Provinsi di Indonesia untuk bersama-sama menandatangani komitment sebagai dukungan atas pelaksanaan rehabilitasi mangrove. Penandatanganan dilakukan di Hotel Claro, Kendari-Sulawesi Tenggara, Selasa, 8 Februari 2022.

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, yang diwakili oleh Direktur Jendral Perhutanan Sosial dan Kemitraan lingkungan Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc. Hadir juga kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Ir. Hartono, M.Sc, Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, S.H, Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si., Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, SH, M.Si. Adapun 7 Gubernur lainnya kehadirannya diwakili, dan pada momen ini Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kepri Hendri, ST.

Baca Juga: Kakanwil Apresiasi Tim Kerja Pembangunan ZI WBK/WBBM dan Ingin Revitalisasi Koperasi Pegawai

Acara penandatanganan komitment rehabilitasi mangrove ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Workshop Nasional Percepatan Rehabilitasi Mangrove Yang diadakan pada, 20 Januari 2022 di Hotel Kempinski Jakarta yang diselenggarakan oleh PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) bekerja sama dengan BRGM (Badan Restorasi Gambut & Mangrove) dengan mengambil tema "Peran Insan Pers Dalam Membangun Inisiatif Kolaboradi Percepatan Rehabilitasi Mangrove Berkelanjutan".

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan, kegiatan HPN tahun ini dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Semua panitia dan tamu undangan telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan juga melakukan swab antigen dengan hasil negatif.

Sebelum dilakukan penandatanganan, terlebih dahulu ada short statement dari perwakilan 9 provinsi prioritas percepatan Rehabilitasi Mangrove. Yakni diwakili oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si. dan Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, SH, M.Si.

Baca Juga: Pemerintah Denmark Bebaskan Rakyatnya Beraktfitas

Lembar komitmen yang sudah ditandatangani dan di paraf oleh 9 kepala daerah atau yang mewakili akan dilaporkan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rabu (9/2) pada acara puncak Hari Pers Nasional 2022 di pelataran masjid Al Alam, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Gubernur Riau, Syamsuar, mewakili ke 9 Gubernur di hadapan Presiden Joko Widodo yang hadir secara virtual. Syamsuar membacakan komitmen Pemerintah Provinsi dalam percepatan rehabilitasi mangrove.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M5,1 Guncang Bengkulu, Berikut Penjelasan BMKG

Minggu, 7 Agustus 2022 | 12:18 WIB

PWI Sumbar Sementara Dikomandoi Plt

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:37 WIB

Gempa M 4,9 Guncang Tapanuli Tengah Sumut

Selasa, 2 Agustus 2022 | 08:11 WIB

KPU Buka Pendaftaran Parpol Mulai Hari Ini

Senin, 1 Agustus 2022 | 09:04 WIB

Gempa M5,6 Guncang Aceh

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:03 WIB
X