Berikut Tips Mudik Bawa Barang dengan Mobil

- Minggu, 17 April 2022 | 09:25 WIB
ilustrasi (internet)
ilustrasi (internet)

Saat mudik, biasanya pengendara mobil akan membawa bawaan seperti pakaian, oleh-oleh dan barang lainya. Hal ini pun membuat mobil berpotensi mengalami overload karena biasanya mobil juga mengangkut seluruh anggota keluarga.

Departement Head Dealer Technical Suport PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, agar perjalanan bisa dilalui dengan aman dan nyaman, pengendara juga harus memperhatikan soal total beban yang harus diboyong pulang.

Hal ini merupakan hal sederhana namun kerap kurang mendapat perhatian dari pengendara.

Baca Juga: Mau Tahu Sejarah THR di Indonesia?

"Padahal, total beban muatan tentu memiliki sejumlah dampak terhadap sejumlah aspek. Sedangkan, saat mudik, kendaraan roda empat kerap digunakan secara full capacity plus barang bawaan yang menggunung di atap mobil," kata Didi.

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu jumlah bobot maksimal dari mobil yang akan dikendarai. Menurutya, sejumlah mobil seven seater memiliki bobot beban maksimal sekitar 550 kilogram.

“Di kira-kira saja. Untuk mobil tujuh penumpang, jika rata-rata bobot penumpang skitar 70 kilogram maka total nya 490 kilogram. Artinya, berat barang bawaan sebaiknya tidak lebih dari 60 kilogram,” ujarnya.

Baca Juga: Wow! Ceko Bakal Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia dan Berada di Ketinggian 95 meter

Ia menekankan, hal ini perlu diperhatikan karena cukup berkaitan dengan aspek keselamatan berkendara. Salah satu hal yang cukup berpengaruh adalah soal pengendalian kendaraan. Karena total beban otomatis berdampak pada kinerja suspensi dan stabilitas berkendara.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wako Batam Minta Warga Patuhi Lagi Prokes

Rabu, 6 Juli 2022 | 08:59 WIB

Vaksin Booster Menjadi Syarat Perjalanan

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:10 WIB

Catat! Naik Pesawat Wajib Vaksin Dosis Ketiga

Selasa, 5 Juli 2022 | 07:19 WIB

Gempa M5,3 Guncang Bitung Sulut

Minggu, 3 Juli 2022 | 08:34 WIB

Holywings Didugat sebesar Rp35,5 Triliun

Sabtu, 2 Juli 2022 | 12:18 WIB

Revitalisasi Masjid Agung Batam Segera Dilakukan

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:15 WIB
X