Mardani H Maming Bantah Dirinya Terlibat dalam Kasus IUP Tanah Bumbu

- Senin, 18 April 2022 | 17:12 WIB
Mardani Maming/ foto: istimewa
Mardani Maming/ foto: istimewa

HARIAN HALUAN - Kasus korupsi peralihan Ijin Usaha Pertambangan (IUP), yang dilakukan oleh eks Kepala Dinas ESDM Kabupaten Tanah Bumbu, Raden Dwidjono Putrohadi Sutopo memasuki babak baru.

Pernyataan kuasa hukum Dwidjono yang menyeret nama Bendahara PBNU, Mardani H Maming. Namun, tuduhan itu dengan tegas dibantah oleh Mardani.

Bantahan mengenai keterlibatan Mardani H Maming dalam kasus tersebut disampaikan oleh kuasa hukum Mardani, Irfan Idham kepada pers Sabtu, 9 April 2022.

"Bahwa perlu kami sampaikan hubungan Bapak Mardani dan Bapak Dwidjono selaku terdakwa In Casu adalah hubungan strutural Bupati dan Kepala Dinas sehingga bahasa "memerintahkan" yang dikutip dari Kuasa Hukum Bapak Dwidjono haruslah dimaknai sebagai bahasa administrasi yang wajib dilakukan oleh seorang kepala dinas jika terdapat adanya permohonan oleh masyarakat termasuk pula permohonan atas IUP PT PCN," ujar Irfan.

Sebelumnya nama Mardani H Maming muncul dalam kasus tersebut setelah eks Kepala Dinas ESDM Kabupaten Tanah Bumbu, Raden Dwidjono Putrohadi Sutopo, menyebutnya ikut terlibat dalam kasus ini.

Hal tersebut dinyatakan oleh Dwidjono melalui kuasa hukumnya, Isnaldi, yang menyatakan bahwa Mardani H Maming merupakan orang yang layak dimintai pertanggungjawaban hukum.

Isnaldi menyatakan keterlibatan Mardani H Maming dalam suratnya kepada KPK. Dalam surat itu, Isnaldi menyatakan kliennya memohon keadilan dan tindak lanjut kasus tersebut.

Dalam kesempatan itu juga kepada pers Irfan menjelaskan jika sudah menjadi kewajiban bagi Bupati dan Kepala Dinas untuk menindaklanjuti setiap permohonan serta surat yang masuk.

Serta kewajiban untuk melaksanakan permohonan peralihan IUP PT PCN merupakan perintah Undang-Undang.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Wako Batam Minta Warga Patuhi Lagi Prokes

Rabu, 6 Juli 2022 | 08:59 WIB

Vaksin Booster Menjadi Syarat Perjalanan

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:10 WIB

Catat! Naik Pesawat Wajib Vaksin Dosis Ketiga

Selasa, 5 Juli 2022 | 07:19 WIB

Gempa M5,3 Guncang Bitung Sulut

Minggu, 3 Juli 2022 | 08:34 WIB

Holywings Didugat sebesar Rp35,5 Triliun

Sabtu, 2 Juli 2022 | 12:18 WIB

Revitalisasi Masjid Agung Batam Segera Dilakukan

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:15 WIB
X