Erupsi Gunung Anak Krakatau, Masyarakat Diminta Waspadai Potensi Tsunami

- Rabu, 27 April 2022 | 14:43 WIB
Gunung Anak Krakatau. (pikiran-rakyat.com)
Gunung Anak Krakatau. (pikiran-rakyat.com)

 Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan kepada masyarakat untuk mewaspai potensi erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK).

Peringatan ini disampaikan oleh oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam Konferensi Pers virtual bertajuk Perkembangan Erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, serta Potensi yang ditimbulkan Erupsi Gunung Anak Krakatau sebagai langkah kesiapsiagaan masyarakat pada Senin 25 April 2022 malam.

“Dengan meningkatnya lebel aktivitas Gunung Anak Krakatau dari Level II menjadi Level III yang disampaikan oleh PVMBG-Badan Geologi, maka masyarakat diminta untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi atau tsunami di malam hari, sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh BMKG,” kata Dwikorita.

Baca Juga: Berikut Profil Bupati Bogor Ade Yasin yang Ditangkap KPK

Ia menambahkan, situasi gelombang tinggi atau tsunami di malam hari menjadi kondisi yang sangat sulit untuk tim karena keterbatasan pandangan untuk melihat perkembangan aktivitas gunung dan laut di sekitarnya secara langsung.

Dwikorita menjelaskan, imbauan agar masyarakat waspada terhadap potensi gelombang tinggi atau tsunami sebagai dampak erupsi Gunung Anak Krakatau ini bukan tanpa alasan.

Sebab, secara historis aktivitas Gunung Anak Krakatau ini pernah menimbulkan tsunami, sehingga masyarakat di daerah yang dahulunya pernah terdampak hempasan tsunami akibat erupsi besar Gunung Anak Krakatau ini, untuk kembali mewaspadai kemungkinan kejadian serupa terulang.

Baca Juga: Rizal Ramli Bagikan Buka Puasa Bareng Prabowo dan Marzuki Alie

Jumono meminta agar nelayan, warga, hingga wisatawan tidak terlalu dekat, yakni pada radius 5 Km dari kawah aktif.

"Kami tetap merekomendasikan pengunjung maupun nelayan radius lima kilometer dari kawah aktif GAK, " katanya, dilansir dari Antara.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wako Batam Minta Warga Patuhi Lagi Prokes

Rabu, 6 Juli 2022 | 08:59 WIB

Vaksin Booster Menjadi Syarat Perjalanan

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:10 WIB

Catat! Naik Pesawat Wajib Vaksin Dosis Ketiga

Selasa, 5 Juli 2022 | 07:19 WIB

Gempa M5,3 Guncang Bitung Sulut

Minggu, 3 Juli 2022 | 08:34 WIB

Holywings Didugat sebesar Rp35,5 Triliun

Sabtu, 2 Juli 2022 | 12:18 WIB

Revitalisasi Masjid Agung Batam Segera Dilakukan

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:15 WIB
X