Kebiasaan Rasullullah Saat Idul Fitri

- Minggu, 1 Mei 2022 | 11:49 WIB
(internet)
(internet)

 

Idul Fitri telah membentuk tradisi dan budaya, seperti berkunjung ke rumah atau pulang kampung untuk bersilaturahim dan berkumpul dengan keluarga besar. Sebagai hari raya terpenting, umat Islam Indonesia merayakannya dengan berbagai cara, seperti melakukan takbir.

Setelah 30 hari berpuasa, umat Islam merayakan Idul Fitri atau Idul Fitri sebagai hari kemenangan. Kue, baju baru, dan parfum biasanya dicirikan dengan Idul Fitri.

Namun, bagaimana Rasulullah merayakan hari raya yang jatuh pada 1 Syawal? Apa yang dilakukan Rasulullah saat Idul Fitri?

Berikut penjelasan dari NU Online, mengenai kegiatan yang dilakukan Rasulullah saat hari kemenangan tiba.

1. Takbir

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mengumandangkan takbir pada malam terakhir Ramadhan hingga pagi hari satu Syawal. Hal ini sesuai dengan apa yang difirmankan Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 185: “Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan puasa serta bertakbir (membesarkan) nama Allah atas petunjuk yang telah diberikan-Nya kepadamu, semoga dengan demikian kamu menjadi umat yang bersyukur.”

2. Memakai Pakaian Terbaik

Pada Idul Fitri, Rasulullah mencuci, menggunakan parfum, dan mengenakan pakaian terbaiknya. Dalam sebuah hadits yang ditulis oleh Ibn Al-Qayyim:

"Rasulullah SAW biasa menggunakan pakaian yang terbaik untuk hari-hari tersebut dan dia punya jubah khusus yang hanya dipakai pada dua Hari Raya dan Jumat.”

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Revitalisasi Masjid Agung Batam Segera Dilakukan

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:15 WIB

Sastra dan Dunia Anak Saling Menyentuh

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:10 WIB

Izin 12 Outlet Holywings di Jakarta Dicabut

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:33 WIB

Pemprov DKI Diminta Cabut Izin Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 | 12:17 WIB
X